Pendidikan & Kesehatan

Pendaftaran Hari Kedua PPDB Online di Kota Mojokerto Landai

Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Sekolah Dasar, Dinas P dan K Kota Mojokerto, Putra Wira Perkasa.

Mojokerto (beritajatim.com) – Jumlah calon peserta didik dalam Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online di Kota Mojokerto baik jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Sekolah Menengah Pertama (SMPN) di hari kedua landai dibanding di hari pertama, Selasa (8/6/2021) kemarin.

Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum dan Kesiswaan Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas P dan K) Kota Mojokerto, Putra Wira Perkasa mengatakan, untuk jenjang TK hanya jalur zonasi sehingga belum berjalan. “Yang sudah banyak masuk SD jalur afirmasi, jalur PTO, untuk SMP jalur afirmasi, prestasi, PTO dan tes olahraga,” ungkapnya, Rabu (9/6/2021).

Di jenjang SMP, lanjut Putra, di hari pertama jalur afirmasi membludak mencapai 400 pendaftar. Sementara di hari kedua, calon peserta didik baru yang mendaftar cukup landai. Selain itu, tidak ada kendala dalam sistem dan server Dinas P dan K Kota Mojokerto juga tidak ada kendala sama sekali.

“Sangat menurun, landai. Jadi masyarakat memaksimalkan pendaftaran di hari pertama, barang kali masih ragu di hari pertama jika ada pembenahan data bisa di hari kedua. Full penuh di hari pertama, sampai pukul 01.00 sudah landai. Alhamdulillah sampai hari ini secara sistem, server tidak ada kendala sama sekali. Lancar,” katanya.

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, lanjut Putra, tetap di hari pertama yang banyak pendaftar. Sementara di hari kedua dan ketiga landai. Menurutnya, ini lantaran masyarakat sudah banyak tahu aturannya maupun kesalahan dalam mengisi online sehingga saat terjadi kesalahan langsung dilakukan perbaiki di hari pertama.

“Karena tahu sistem kita 24 jam. Menghindari kerumunan sangat berhasil karena full online dan masing-masing sekolah juga ada posko. Jika masyarakat yang tidak paham online bisa ke posko, di Dinas P dan K juga ada posko jadi jika ada masyarakat yang kurang paham dengan IT bisa dilayani datang ke posko,” ujarnya.

Putra menambahkan, selama 24 jam petugas akan stand by di ruang server yakni di SMPN 1 untuk verifikasi data jam berapa pun data masuk langsung di verifikasi. Misal ada yang mendaftar menunggu Handphone (HP) orang tua pulang kerja, jam berapa pun upload maka petugas akan langsung melakukan verifikasi.

“Sedikit yang datang, hari pertama hanya 15-20 orang datang ke posko karena sudah ke sekolah namun karena tidak bisa mengatasi sehingga datang ke Dinas P dan K. Rata-rata hampir 90 persen sudah teratasi di sekolahnya. Jika belum mendaftar, jika memang bisa mendaftar di rumah bisa ke laman : mojokertokota.siap-ppdb.com,” jelasnya.

Dalam laman tersebut sudah dijelaskan terkait alur pendaftarannya. Jika tidak bisa mendaftar secara online, pihaknya menghimbau untuk bisa datang ke posko. Baik di masing-masing sekolah maupun di Dinas P dan K karena untuk jalur selain zonasi pendaftaran terakhir, Kamis (10/6/2021) besok sampai pukul 24.00 WIB. [tin/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar