Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Pemulihan Ekonomi, Bupati Lamongan Harap Tak Hanya Sektor Wisata Tapi Juga UMKM

Jajaran Forkopimda Lamongan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi yang menyasar pelajar di Lamongan.

Lamongan (beritajatim.com) – Berdasarkan data dashboard S1 Satu Data Covid Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), pencapaian vaksinasi harian Kabupaten Lamongan mencapai 30.098 dosis.

Data per 13 September itu menjadi yang tertinggi di Jawa Timur, disusul Kota Surabaya 28.423 dosis dan Kabupaten Gresik 24.166 dosis.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. Menurutnya, gencarnya vaksinasi yang digelar di Kabupaten Lamongan ini dalam rangka mempercepat pencapaian target 70% vaksinasi dosis pertama.


Diketahui, Satgas Penanganan Covid-19 Lamongan saat ini juga telah mempercepat vaksinasi yang menyasar kelompok lansia untuk divaksin, hal itu sengaja dilakukan agar Lamongan bisa menuju capaian vaksinasi setidaknya 60 persen bagi lansia.

“Saya menyampaikan terimakasih banyak kepada para tenaga kesehatan (nakes), TNI-Polri, dan relawan yang terus bersinergi dalam upaya percepatan vaksinasi di Lamongan ini,” ungkap Bupati yang akrab disapa Bupati YES ini, Selasa (14/9/2021).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Pemerintah Kabupaten Lamongan juga mengaku sudah melakukan pelatihan terhadap ribuan relawan desa sebagai petugas input data di setiap desa masing-masing. Bupati YES menuturkan, bahwa hal itu sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan capaian vaksinasi harian.

Lebih lanjut, Bupati YES menambahkan, bahwa penanganan Covid-19 yang terkendali ini diupayakan bisa berbanding lurus dengan pemulihan ekonomi. Saat ini, Maharani Zoo dan Goa Lamongan (Mazoola) termasuk salah satu obyek wisata outdoor Indonesia yang sudah dibuka untuk umum. Tentunya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, seperti penggunaan aplikasi peduli lindungi.

“Alhamdulillah, Mazoola masuk menjadi salah satu wisata outdoor yang dilakukan uji coba. Jadi, masyarakat sudah bisa melakukan kunjungan ke Mazoola. Namun jangan lengah, tetap patuhi protokol kesehatan, secara ketat,” imbuh orang nomor satu di Lamongan tersebut.

Jajaran Forkopimda Lamongan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi yang menyasar pelajar di Lamongan.

Selain Mazoola, Bupati YES mengatakan, bahwa Lamongan juga memiliki sejumlah wisata outdoor lain yang di kelola oleh BUMDes di masing-masing desa. “Dengan dibukanya sektor wisata ini, kami berharap, bahwa hal tersebut bisa menjadi pengungkit pemulihan ekonomi, karena telah memiliki multiplier effect,” tandasnya.

Bahkan, tidak hanya sektor wisata, Bupati YES menyebutkan, pemulihan ekonomi juga diharapkan bisa terjadi melalui sektor UMKM. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Lamongan saat ini tengah berupaya keras untuk terus mengkampanyekan tagar ‘Ayo beli produk Lamongan’ dan ‘Ayo ditumbasi’.[riq/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev