Pendidikan & Kesehatan

Pemudik Melonjak, Puskesmas se-Bangkalan Akan Siapkan Ruang Isolasi

Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan, Sudiyo

Bangkalan (beritajatim.com) – Kedatangan pemudik dari berbagai daerah ke Kabupaten Bangkalan, terus mengalami kenaikan. Puluhan bus antar kota mulai berdatangan sejak Sabtu (28/3/2020).

Sementara untuk mengantisipasi adanya paparan virus corona atau Covid-19, tiap Puskesmas yang dekat dengan tujuan terakhir pemudik dari bus antarkota, melayani pemeriksaan. Di Puskesmas tersebut juga disediakan kamar isolasi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan Sudiyo mengatakan, saat ini sedang mempersiapkan ruang isolasi di masing-masing Puskesmas. “Sudah ada beberapa Puskesmas yang siap minimal 1 ruang isolasi dengan dua tempat tidur,” terangnya, Senin (30/3/2020).

Meski puskesmas menyediakan ruang isolasi, namun standar kamar isolasi berbeda dengan yang ada di rumah sakit. Pasalnya, untuk ruang isolasi di Puskesmas digunakan bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Karena lonjakan pemudik sampai hari ini tinggi. Bahkan untuk ODR (orang dengan risiko) mencapai 4 ribu lebih. Maka untuk antisipasi adanya ODP yang harus dirawat bisa ke Puskesmas terdekat,” tandasnya. [sar/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar