Pendidikan & Kesehatan

Pemuda Madura : Jangan Takut Corona dan Saatnya Bangun Solidaritas Nasional

Malang (beritajatim.com) – Dua bulan terakhir Indonesia dihebohkan dengan pemberitaan soal wabah corona, mulai dari pemulangan mahasiswa dari Wuhan dan kru kapal pesiar Grand Princes dari Jepang. Bahkan minggu-minggu ini memunculkan kepanikan di masyarakat, karena munculnya pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus corona.

Menanggapi hal itu, Muhlis Ali Ketua Umum Himpunan Generasi Muda Madura (HIGEMURA) menghimbau agar masyarakat, tidak panik menghadapi situasi saat ini. Seyognya, justru inilah bisa menjadi momentum untuk membangun solidaritas nasional dan harus yakin bahwa bangsa Indonesia akan melewati situasi kritis ini.

“Solidaritas Nasional harus dimaknai dengan membangun kebersamaan, meningkatkan gotong royong, saling membantu satu dengan yang lain, tidak saling menyalahkan dan menempatkan diri sesuai tugas masing-masing,” tegas Muhlis yang juga Wakil Ketua Umum DPP Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK), Selasa (17/3/2020) siang.

“Kita harus mendukung langkah yang sudah dilakukan oleh pemerintah pusat degan membentuk gugus tugas penanganan wabah virus corona, agar semua kebijakan dan penanganan terkoordinasi dengan baik,” tambah Muhlis.

Masih kata Muhlis, menghadapi situasi ini tidak boleh melangkah dan mengambil kebijakan sendiri-sendiri, harus ada koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah, agar tidak memunculkan kepanikan ditengah-tengah masyarakat.

“Pemerintah harus memastikan situasi berjalan dengan baik, pasokan pangan tetap terjaga, pelayanan publik tetap berjalan dan memastikan penanganan pasien terdampak wabah virus corona dapat ditangani dengan baik dan maksimal,” papar Muhlis yang juga mantan Ketua DPP KNPI.

Muhlis menambahkan, siapapun tidak boleh mengambil momentum dalam situasi ini, apalagi menyebarkan berita-berita hoak yang semakin memperkeruh suasana.

“Situasi ini harus menjadi momentun meningkatkan kesadaran nasional dengan saling membantu, meningkatkan persatuan dan saling bekerja sama. Yakinlah bangsa ini akan mampu menghadapi musibah dan seluruh persoalan yang dihadapi negeri ini,” Muhlis mengakhiri. (yog/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar