Pendidikan & Kesehatan

Pemprov Jatim Buka Kemungkinan PSBB Tingkat Provinsi

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak di Malang.

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur membuka opsi untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk tingkat provinsi diwilayahnya. Apalagi, angka pasien positif virus corona di Jatim per Sabtu, (2/5/2020) telah mencapai 1.037 pasien

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak mengatakan menyikapi dinamika yang terus berkembang, PSBB tingkat provinsi memang memungkinkan untuk diterapkan. Sejauh ini memang Pemprov Jatim belum memiliki sikap mengarah ke PSBB, namun kemungkinan itu juga terbuka demi menekan angka penyebaran virus corona di Jatim.

“Semua opsi kami pertimbangkan tiap hari. Dinamika berubah terus hari ke hari. Jadi tidak bisa kita bilang akan (PSBB) atau tidak akan menerapkan itu,” ujar Emil di Malang.

Di Indonesia sejauh ini, baru Pemprov Jawa Barat yang telah mengajukan PSBB ke Kemenkes RI. Draf PSBB telah diterima, bahkan PSBB di Jabar efektif akan berlaku sejak Rabu 6 Mei 2020 mendatang hingga 14 hari kedepan atau sampai 19 Mei 2020 mendatang.

Sementara di Jawa Timur, PSBB baru diterapkan di Surabaya Raya, yakni Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. Malang Raya, Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu digadang-gadang bakal segera PSBB. Tiga kepala daerahnya telah sepakat, namun draf PSBB belum masuk ke meja Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Emil mengatakan, PSBB tingkat daerah sebenarnya bila berjalan sesuai aturan juga dianggap sebagai langkah antisipatif yang baik selain PSBB tingkat provinsi. Tapi, Emil tidak herani menegaskan Jawa Timur tidak perlu PSBB. Sebah, ada protokol kesehatan yang mengatur untuk penerapan PSBB.

“Kami melihat saat ini, bahwa langkah-langkah yang ada ini masih bisa diintensifkan. Tapi saya tidak mengatakan tidak usah PSBB, jangan bilang begitu. Karena sudah ada protokol di dalam Permenkes, bagi kepala daerah yang merasa perlu menerapkan itu, sudah ada protokolnya dengan sangat jelas bagaimana untuk mengusulkan PSBB,” tandasnya. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar