Pendidikan & Kesehatan

Pemkot Surabaya Terima 7.270 Masker

Penyerahan bantuan masker dan video kreatif kepada Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini. [Foto/Istimewa]

Surabaya (beritajatim.com) – Universitas Airlangga (Unair) melalui Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan Unicef memberikan perhatian khusus kepada Kota Surabaya. Mereka menyumbangkan 7.270 masker kepada masyarakat Kota Surabaya melalui pemerintah setempat. Jumlah masker tersebut menyesuaikan dengan ulang tahun kota Surabaya yang ke-727.

“Tujuan pemberian masker untuk masyarakat Kota Surabaya adalah untuk mengajak kita semua, warga Surabaya agar patuh menjalankan protokol kesehatan untuk menghadapi new normal,” ucap Dr. Nyoman Anita Damayanti, drg., MS atau yang akrab disapa Nyoman.

Kerja sama antara FKM Unair dengan Unicef tersebut telah terjalin sejak 2015 melalui kerjasama dengan LPPM Unair. Wujud dari kerjasama tersebut adalah dengan diadakannya program Gerakan Peduli Ibu dan Anak Sehat Berbasis Keluarga (Geliat) Unair.

Sebelum mendonasikan masker, tim Geliat Unair bersama Unicef juga melakukan webinar mengenai protokol kesehatan selama pandemi. Kemudian, juga mengadakan lomba video kreatif untuk menjalankan protokol kesehatan. “Hasil lomba tersebut kemudian juga kami hadiahkan kepada pemerintah kota untuk disebarkan di Surabaya,” lanjut Nyoman yang juga merupakan penanggung jawab Geliat.

Jenis masker yang disumbangkan adalah masker kain dua lapis yang didalamnya dapat diisi dengan tissue. Masker bertuliskan ajakan untuk menjalankan protokol kesehatan itu untuk dewasa dan anak-anak. Selain itu, tim juga memberikan masker kepada Bonek dan Bonita. Harapannya, dengan dilibatkannya Bonek dan Bonita, mereka dapat patuh pada protokol kesehatan dan bisa mengajak masyarakat lain untuk melakukan hal serupa.

Penyerahan masker tersebut dilaksanakan di Balai Kota Surabaya. Beberapa pihak yang hadir pada penyerahan masker tersebut yaitu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Ketua LPPM Unair Dr. Eko Supeno, Drs., M.Si, penanggung jawab Geliat Dr. Nyoman Anita Damayanti, drg., MS dan anggota Geliat Laura Navika Yamani, S.Si., M.Si., PhD, serta perwakilan pengurus Bonek.

“Harapan kami, semua masyarakat dapat bersama-sama menjalankan protokol kesehatan agar tetap sehat dan produktif,” pungkas Nyoman. [adg/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar