Pendidikan & Kesehatan

Pemkot Malang Siapkan Lahan Khusus Jenazah Covid-19

Petugas TPU di Muharto menunjukan lokasi pemakaman Mr X yang bakal jadi TPU khusus jenazah Covid-19.

Malang (beritajatim.com) – Dalam penanganan pandemi Covid-19, Pemkot Malang menyiapkan tempat pemakaman umum (TPU) khusus jenazah Covid-19. Lokasi pertama berada di wilayah Muharto, Kedungkandang, Kota Malang. Di sini Pemkot Malang memilik TPU khusus jenazah tanpa identitas.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, alasan utama penyediaan TPU khusus adalah untuk mempermudah petugas dalam melakukan proses pemakaman. Di lokasi Muharto, kapasitas yang tersedia 100 hingga 150 jenazah.

“Sementara kita pakai di Muharto itu ya. Di sana ada makam yang dulu kita siapkan untuk Mr X. Itu kapasitasnya antara 100 sampai 150,” ujar Sutiaji, Jumat, (24/7/2020).

Sutiaji mengatakan, Pemkot Malang akan memperbaiki akses menuju TPU khusus jenazah Covid-19. Lokasi menuju pemakaman akan diperbaiki. Nantinya, TPU ini untuk semua jenazah Covid-19 baik yang masih suspek atau yang sudah terkonfirmasi positif. Dia berharap semua keluarga jenazah harus memahami kebijakan tersebut.

“Bukan karena ada penolakan dari warga. Ini untuk mempermudah saudara-saudara yang memakamkan jenazah. Apalagi pemakamannya bisa sampai malam. Kami harapkan keluarga memaklumi. Jadi bisa tersentral di sana,” papar Sutiaji.

Sutiaji mengungkapkan, tidak hanya di Muharto saja. Pemkot Malang juya menyiapkan lahan lain untuk TPU khusus jenazah Covid-19. Yakni, di wilayah Kedungkandang. Tanah ini berada di bawah Sutet.

“Itu tanah milik kita yang di bawah Sutet, kan tidak bisa dibangun apa-apa. Itu nanti kita akan buat makam. Untuk mengarah ke sana jalannya harus kita benahi juga,” tandasnya. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar