Pendidikan & Kesehatan

Pemkot Malang Imbau Warga Salat Id di Rumah

Rakor salat id di Balai Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Usai melakukan rapat Koordinasi dengan tokoh agama di Kota Malang serta TNI dan Polri, Pemkot Malang mantab mengimbau masyarakat untuk melaksanakan salat Idul Fitri di rumah saja. Rapat koordinasi dilakukan di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Rabu, (20/5/2020).

“Kami tidak melarang masyarakat untuk beribadah, namun kami mengimbau agar masyarakat dapat beribadah di rumah masing-masing selama masa pandemi ini,” kata Wali Kota Malang, Sutiaji.

Sutiaji mengatakan, keputusan ini dilakukan agar sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Jawa Timur yang menekankan agar sholat Id diminta untuk ditiadakan, utamanya pada zona-zona merah. Usai rakor Pemkot Malang langsung melakukan sosialisasi ke masyarakat.

Tokoh agama yang hadir dalam rapat koordinasi ini sebagian besar merupakan Takmis Masjid, dan perwakilan organisasi keagamaan di Kota Malang, mereka memiliki 2 pandangan dalam menyikapi himbauan tersebut. Pertama, mengikuti arahan pemerintah untuk melaksanakan Sholat Ied di rumah saja. Kedua, berharap tetap bisa melakukan sholat ied dengan memberlakukan protokol Covid-19 atau meminta Walikota Malang untuk mengeluarkan Surat Edaran yang melarang secara tegas.

“Pemkot Malang tidak akan memgeluarkan regulasi baru yang sifatnya melarang. Kami sudah ada Perwal 17/2020 tentang PSBB Kota Malang, berkaitan dengan kegiatan dan atau aktifitas ibadah dengan jamaah diperbolehkan memperhatikan protokol Covid-19 secara ketat, dan penyelenggara bertanggung jawab sepenuhnya dalam pelaksanaannya,” tandas Sutiaji.

Sutiaji mengatakan, alasan imbauan salat Ied di rumah lebih ditekankan agar tidak melaksanakan takbir keliling serta meniadakan acara halal bi halal. Sebab dua kegiatan ini dianggap berpotensi mengumpulkan massa dengan jumlah banyak. Dimana pemerintah sedang berusaha memutus penyebaran Covid-19.

Tidak lanjut dari pertemuan tersebut dilaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama atas keputusan untuk tidak melaksanakan Sholat Idul Fitri di wilayah Pemerintah Kota Malang. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar