Pendidikan & Kesehatan

Pemkot Madiun Siapkan Ruang Isolasi untuk Anak Terpapar Covid-19

Madiun (beritajatim.com) – Wali Kota Maidi menyiapkan ruang isolasi khusus anak yang terpapar Covid-19. Kala dinyatakan positif Covid-19 pada 27 Juni 2021 lalu, bukan hanya dirinya dan sang istri, termasuk salah satu cucunya yang masih berusia lima tahun.

“Kebetulan dirawat di RSUD dr Soedono juga. Di ruangan yang berbeda. Agak sulit mengurus anak yang terpapar Covid-19. Orang tua harus bergantian mendampingi anak dengan memakai alat pelindung diri,” terang Maidi.

Belum lagi, anak belum paham betul dengan peralatan yang digunakan untuk menunjang kondisi seperti infus. Bisa-bisa kalau jenuh atau tak nyaman, bisa dicabut dan efeknya bisa berbahaya kalau tak segera ditangani dokter.

“Perawat pun juga tak bisa mendampingi anak secara penuh. Sehingga ortu yang harus siaga. Dan anak juga harus diurus oleh keluarga atau orang yang biasa ketemu tiap hari. Kalau tidak ya bakal takut, rewel, kasihan,” katanya.

Pihaknya masih menyiapkan beberapa tempat. Ada Asrama Haji yang mungkin jadi salah satu opsi. Kalau masih tak cocok maka akan cari gedung khusus yang tak akan membuat anak jenuh saat harus diisolasi.

“Harus ada kaca yang langsung menunjukkan pandangan taman di luar gedung misalnya. Supaya anak tidak mudah bosan. Nah, untuk di RS kami rasa tidak tepat. Karena banyaknya penyakit selain Covid-19 yang mungkin justru berbahaya bagi anak,” terang Maidi. [fiq/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar