Pendidikan & Kesehatan

Pemkot Kediri Lakukan Vaksinasi Dosis Kedua pada Awak Media

Kediri (beritajatim.com) – Vaksinasi dosis pertama kepada pekerja media berjalan dengan lancar. Kali ini pemberian vaksinasi dosis yang kedua sudah mulai dilakukan. Selasa (16/3/2021) bertempat di Ruang Kilisuci, Balaikota Kediri sebanyak 76 awak media dan 126 ASN Pemkot Kediri mendapat vaksinasi dosis kedua. Terhitung 14 hari dari pemberian vaksin dosis pertama beberapa waktu lalu.

“Jadi hari ini teman-teman media sudah diberikan vaksinasi dosis kedua. Nanti terbentuknya antibodi ini 28 hari setelah suntikan dosis kedua diberikan”, terang Yuni Ulifah, Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Kediri.

Yuni menambahkan walaupun sudah terbentuk antibody di dalam tubuh, masyarakat tetap harus menjaga protokol kesehatan di mana pun berada. “Jangan karena sudah divaksin, masyarakat tidak memakai masker lagi, berkerumun kembali. Harus selalu ingat terapkan protokol kesehatan”, imbuhnya.

Dalam proses pemberian vaksinasi tahap pertama dan kedua Dinas Kesehatan belum mendapatakan laporan atau keluhan dari masyarakat akibat efek samping dari vaksinasi. “Selama ini belum ada laporan yang mengalami efek samping parah, cuma beberapa laporan masyarakat yang mengalami KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) ringan” jelas Yuni.

Ketika disinggung apakah para penyintas Covid juga akan mendapatkan vaksinasi, Yuni menjelaskan “jadi para penyintas Covid ini bisa melakukan vaksinasi 3 bulan setelah dinyatakan sembuh. Jadi missal pasien dinyatakan sembuh 1 Januari, setelah 3 bulan baru boleh melakukan vaksinasi”.

Yuni menambahkan bahwa proses para penyintas covid mendapatkan vaksin ini tergantung golongan tahap vaksinasi itu. “Bila penyintas tersebut termasuk golongan pekerja publik, lansia atau golongan tahap kedua, bisa melaporkan ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan vaksinasi”, pungkasnya. [nm/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar