Pendidikan & Kesehatan

Pemkab Tuban Akan Lakukan Rapid Tes di Seluruh Pasar dan Swalayan

Tuban (beritajatim.com) – Melihat tingginya angka warga masyarakat yang positif Covid-19 dari klaster pasar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban berencana melaksanakan Rapid Tes yang lebih menyeluruh terhadap para pedagang di sejumlah pasar tradisional serta swalayan yang ada di wilayah Kabupaten Tuban, Minggu (31/5/2020).

Dengan pelaksanaan pemeriksaan Rapid Tes yang dilakukan secara menyeluruh diharapkan bisa menekan jumlah penyebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Tuban itu. Selain itu pihak Pemkab Tuban juga akan membuat cek point di Pasar Baru Kota Tuban untuk melakukan pemeriksaan secara rutin bagi pada pedagang maupun para pembeli.

Foto ilustrasi

“Dari jumlah kasus positif sebanyak di Kabupaten Tuban didominasi cluster pasar. Sebanyak 13 kasus positif di antaranya dari Pasar Tambakboyo, selebihnya dari Pasar Bongkaran Tuban, Pasar Bojonegoro dan Pasar Babat,” terang Noor Nahar Hussein, Wakil Bupati Tuban.

Wabup Tuban itu menyatakan guna melakukan Rapid Tes secara menyeluruh itu Pemkab Tuban telah memesan alat Rapid Tes sebanyak 12 ribu unit. Namun demikian, alat Rapid yang datang biasanya sangat terbatas dan hanya sejumlah ratusan saja.

“Sekarang pesen 12 ribu, datangnya mungkin hanya ratusan saja. Sejauh ini pemkab sendiri telah melaksanakan Rapid Tes kepada sekitar 2.300 lebih orang,” tambahnya.

Sementara itu setelah belasan ribu alat Rapid Tes yang telah dipesan oleh Pemkab Tuban tiba, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Tuban ini selanjutnya akan langsung bergerak melakukan Rapid Tes. Yang mana pemeriksaan itu akan dilakukan lebih menyeluruh di pasar-pasar termasuk juga di swalayan.

“Nanti kita Rapid Tes ulang di pasar pasar. Yang kita rapid juga jumlahnya akan lebih banyak dibandingkan rapid awal dulu,” pungkasnya.

Berdasarkan data perkembangan yang ada, sampai dengan hari ini berdasarkan data dari tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 dibTuban sudah ada 44 orang warga Tuban yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dari jumlah itu sebanyak 3 orang meninggal dunia, 4 orang sembuh dan sisanya masih dalam perawatan serta menjalani isolasi.[mut/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar