Pendidikan & Kesehatan

Pemkab Malang Terima 7.000 Dosis Vaksin Sinovac

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Kesehatan setempat menerima 7000 dosis Vaksin Sinovac untuk penanganan Covid-19, Senin (25/1/2021) malam ini.

Pendistribusian vaksin dikawal ketat Satuan Brimob dan Polres Malang dari Surabaya hingga tiba di gudang Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang di Jalan Panji, Kecamatan Kepanjen. Vaksin Sinovac diangkut di dalam satu mobil box.

Selain itu, juga terlihat sejumlah personel kepolisian bersenjata lengkap. Setibanya di Kantor Dinkes, Vaksin Sinovac diterima oleh Kepala Dinkes Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo dengan didampingi Kabag Ops Polres Malang, Kompol Hegy Renanta Koswara serta beberap staf Dinkes lainnya.

Pada tahap pertama ini, sebanyak 7.000 vaksin yang didistribusikan. Jumlah tersebut masih kurang dari kuota yang diberikan untuk Kabupaten Malang.

“Ini jumlahnya masih tujuh ribu. Sementara yang kami ajukan untuk divaksin tahap pertama itu untuk 4.170 nakes (tenaga kesehatan), jadi kebutuhannya 8.340. Itu dikirim sebanyak 7.000 karena kapasitas cold storage kami hanya segitu. Nanti kalau sudah ada ruang, akan dikirim lagi,” ungkap Kepala Dinkes Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo.

Kata Arbani, proses vaksinansi rencananya akan dimulai pada Senin (1/2/2021). Dan ditargetkan, selesai dalam waktu 1 bulan. “Nanti hari sabtu depan baru pencanangan. Tempatnya di Pendopo Kabupaten Malang,” imbuh Arbani.

Sementara itu, untuk pendistribusian vaksin di Kabupaten Malang melibatkan 250 personel kepolisian dari Polres Malang. Selain pendistribusian, pengamanan juga dilakukan di 33 Kecamatan. Juga selama vaksin berada di cold storage.

“Ada sekitar 250 personel kepolisian yang kami kerahkan. Namun nanti pengamanan juga dilakukan bersama personel TNI dan Satpol PP,” tambah Kabag Ops Polres Malang, Kompol Hegy Renanta Koswara. [yog/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar