Pendidikan & Kesehatan

Pemkab Jombang Siapkan Rumah Sakit Darurat Covid-19

STIKES Pemkab Jombang yang berada di Jl dr Soetomo akan dijadikan rumah sakit darurat Covid-19

Jombang (beritajatim.com) – Pemkab Jombang menyiapkan rumah sakit darurat Covid-19. Lokasi yang akan dijadikan rumah sakit darurat adalah STIKES Pemkab yang berada di Jl dr Soetomo.

Kepastian itu dilontarkan Wakil Bupati (Wabup) Jombang Sumrambah, Kamis (17/12/2020). “Paling lambat Januari 2021, rumah sakit darurat Covid sudah beroperasi,” kata Sumrambah usai menghadiri peresmian rumah pintar di Desa Plabuhan, Kecamatan Plandaan.

Sumrambah mengatakan, keberadaan rumah sakit darurat penting, pasalnya rumah sakit yang ada di Jombang sudah kuwalahan menghadapi pasien Covid. Kapasitas RSUD Jombang dan RSUD Ploso sudah penuh.

Wabup mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan kordinasi dengan pihak terkait untuk mambahas pendirian rumah sakit darurat itu. Sesuai rencana, rumah sakit darurat Covid memiliki kapasitas 80 sampai 100 pasien. Selain itu, STIKES Pemkab yang difungsikan sebagai rumah sakit itu juga dilengkapi berbagai fasilitas medis.

“Kita utamakan pasien dengan kategori sedang ke bawah. Kita sudah melakukan kordinasi. Paling lambat Januari 2021, rumah sakit darurat sudah beroperasi,” kata mantan Ketua DPC PDIP Jombang ini.

Sumrambah juga mengakui bahwa tren Covid-19 di Jombang terus mengalami kenaikan. Hal itu pula yang menyebabkan RSUD Jombang kuwalahan menghadapi ledakan pasien. Oleh sebab itu, Sumrambah mengimbau agar masyarakat tetap menaati 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan).

Sementara itu berdasarkan data di laman Dinas Kesehatan Jombang, Rabu (16/12/2020) pukul 14.00 WIB, jumlah kumulatif positif Covid tembus 1840 orang. Dari jumlah itu, 1539 orang sembuh, kemudian 104 dirawat, dan 207 orang meninggal. [suf/but]

 



Apa Reaksi Anda?

Komentar