Pendidikan & Kesehatan

Pemkab Jember Buka Layanan Vaksinasi Gratis untuk Lansia di Lippo Plaza

Bupati Hendy Siswanto (baju kuning) meninjau gerai vaksinasi di Lippo Plaza

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, resmi membuka layanan vaksinasi gratis untuk warga lanjut usia (lansia) di Lippo Plaza, Kamis (17/6/2021). Saat ini baru 16,2 persen lansia di Jember yang divaksinasi.

Dinas Kesehatan Jember mencatat, ada 117.357 orang lansia yang perlu divaksin pada masa pandemi ini. Namun sejauh ini baru 18.914 orang sudah menjalani vaksinasi. “Dengan gerai vaksinasi bersama Lippo Plaza, kami berharap tercapai 750 sampai seribu lansia dan pralansia sasaran setiap hari,” kata Kepala Dinkes Jember Wiwik Supartiwi, Jumat (18/6/2021).

Menurut Wiwik, gerai vaksinasi akan dibuka sampai akhir Juni untuk percepatan vaksinasi lansia. “Kalau belum terselesaikan, dilanjutkan sampai selesai Juli,” katanya.

Bupati Hendy Siswanto mengingatkan agar kebersamaan dijaga untuk menghadapi pandemi. “Covid ini masih ada. Jumlahnya berapa tidak tahu, di mana tempatnya tidak tahu. Covid bisa hilang dan terputus mata rantainya kalau kita semua peduli. Gerai dibuka di Lippo ini untuk melayani masyarakat, mempermudah, semua bisa divaksin. Ini kalau masyarakat tidak mau, tidak gayung bersambut, bagaimana bisa Covid segera hilang,” katanya.

Hendy juga meminta masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. “Setiap malam minggu di alun-alun masih banyak yang berkumpul tanpa masker. Tolong, bagaimana pun caranya Pemkab Jember membyka gerai sebanyak mungkin, tapi kalau masyarakat tidak peduli, maka Covid tidak akan selesai. Padahal kita tahu semua dampak Covid, ekonomi jatuh,” katanya. [wir/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar