Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Pemindahan ke Isoter Kota Madiun, Maidi: Fasilitas Isoter Lengkap Percepat Kesembuhan

Wali Kota Madiun Maidi saat tinjau pemindahan warga yang jalani isolasi mandiri ke tempat isolasi terpusat, Senin (23/8/2021) (Foto: Pemkot Madiun)

Madiun (beritajatim.com) – Pemindahan warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) ke fasilitas isolasi terpusat (isoter) terus dilakukan. Wali Kota Madiun Maidi sempat meninjau langsung proses pemindahan warga isoman tersebut Senin (23/8/2021).

Di antaranya, di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Sembada Mulya, Jalan Bumi Mas I, Jalan Gegono Manis, Jalan Sumo Manis, dan Jalan Citarum. Sebelumnya, wali kota juga pernah meninjau pemindahan serupa di Kelurahan Klegen. “Orang-orang yang saat ini menjalani isoman harus segera sembuh. Agar segera sembuh maka kita pindahkan ke isoter karena penanganan juga lebih cepat di sana (isoter),” kata Maidi.

Maidi merinci setidaknya masih ada 182 warga isoman yang belum dipindahkan ke isoter. Petugas terus melakukan pendataan untuk dilakukan pemindahan. Petugas gabungan bersama TNI/Polri diterjunkan untuk mempercepat pemindahan. Maidi menargetkan pemindahan tuntas dalam dua sampai tiga hari ke depan.

“Kita masih ada 200 bed lebih yang kosong. Karenanya, 182 yang masih ada di rumah ini kita bawa ke isoter. Harapannya, segera mendapatkan penanganan jika muncul gejala,” jelasnya.

Wali kota berharap pasien Covid-19 yang dirujuk ke rumah sakit berangkat dari isoter. Artinya, sudah mendapat penanganan terlebih dahulu. Sebab, pasien rujukan yang dibawa dari rumah biasanya sudah dalam kondisi buruk. Alhasil, penanganan tak bisa maksimal. Wali kota menyebut itu bisa karena kurangnya pengawasan warga isoman. “Karena di rumah, kurang kontrol, jadi kurang pemantauan. Karena kita pindahkan ke isoter yang ada petugas dan dokter jaga 24 jam,” jelasnya. (fiq/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar