Pendidikan & Kesehatan

Alternatif Penyembuhan Pasien Covid

Pemerintah Canangkan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen

Surabaya (beritajatim.com) – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) hari ini Mencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen, Senin (18/1/2021). Dipimpin oleh Muhadjir Effendi selaku Menko PMK, kegiatan Pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen ini diikuti oleh seluruh Unit Palang Merah Indonesia (PMI) di Indonesia, secara daring melalui zoom meeting.

Pencanangan ini diresmikan oleh Wakil Presiden Indonesia, KH Ma’ruf Amin. Wakil Presiden menyatakan bahwa gerakan ini merupakan upaya untuk mendorong para penyitas Covid-19 untuk mau mendonorkan plasma darahnya yang telah memiliki antibodi yang lebih baik yang dapat digunakan untuk menangkal dan menyembuhkan pasien Covid level sedang dan berat dan berguna untuk meminimalisir kematian.

Dalam pencanangan ini, Menteri Airlangga Hartanto yang juga merupakan penyitas Covid-19 pun ikut andil menjadi relawan donor plasma darah konvalensen dalam acara pencanangan hari ini. Muhadjir mengatakan bahwa dari data yang didapatkan dari penelitian awal di RS Saiful Anwar Malang ditemukan bahwa dari donor plasma konvalensen, tingkat kesembuhan yang untuk pasien sedang sebesar 100 persen, dan pasien kritis sebesar 80 persen.

“Sebanyak 20 persen saja penyitas mendonorkan plasma konvalensennya maka akan sangat berkurang kematian karena Covid-19. karena ini adalah gerakan nasoional maka semua pihak untuk ikut membantu kehidupan manusia yang sakit,” ujarnya.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh PMI dan Kementerian Kesehatan pun menyebutkan bahwa efikasi dari plasma konvalesen mencapai 60-90 persen. Dan saat ini jumlah calon donor penyitas sedang-berat mencapai 5-10 persen dari jumlah total penyitas atau sekiar 35.900-71.800 penyitas Covid-19. Total distribusi pertanggal 14/1 adalah 7.680.

“angka ini masih sangat kecil dari potensi para penyitas covid, untuk itu, terapi plasma konvalesen merupakan terapi alternatif untuk level sedang dan berat, sebagai upaya penyangga penanganan Covid-19 disamping vaksin untuk mereka yang belum terpapar Covid-19,” ujar KH Ma’ruf Amin. [adg/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar