Pendidikan & Kesehatan

Pembuatan Vaksin Merah Putih Unair Alami Perkembangan Pesat

Surabaya (beritajatim.com) – Usaha Universitas Airlangga (Unair) untuk mengambil peran dalam penanggulangan Covid-19 terus berlanjut. Setelah membuat rekomendasi kombinasi obat dan senyawa bakal obat Covid-19, kali ini Unair tengah mengupayakan pembuatan Vaksin Covid-19.

Vaksin yang diberi nama Vaksin Merah Putih merupakan konsorsium dengan RSUD Dr Soetomo dan disponsori oleh Kemenristek BIN. Rektor Unair Prof Muh Nasih mengatakan bahwa saat ini Vaksin Merah Putih mengalami perkembangan yang pesat.

“Vaksin Merah Putih mengalami perkembangan yang pesat dan kemungkinan akan dilakukan uji praklinis pada November ini dan ujar Prof Nasih, Selain itu, vaksin merah putih kami untuk Covid-19 mengalami perkembangan besar, secara nasional menjadi prioritas untuk dikembangkan. Kami riset sejak Mei dan Juni, harapannya pertengahan 2021 sudah selesai karena Desember baru kami bisa uji klinis,” ujar Prof Nasih, Kamis (15/10/2020).

Prof Nasih pun mengatakan bahwa meskipun pemerintah secara resmi mendatangkan vaksin dari luar negeri tetapi Vaksin Merah Putih yang dibuat secara mandiri akan tetap mendapat ruang. Pasalnya, vaksin dari pemerintah diberikan kepada kelompok prioritas sehingga masih akan ada banyak kelompok masyarakat yang membutuhkannya.

“Saya rasa vaksin akan terus dibutuhkan meskipun Sinovac ada karena kuota masih terbatas. Harus diakui bahwa kami baru penelitian vaksin ini di bulan Mei-Juni, jadi memang terlambat prosesnya sehingga resikonya produksi akan lebih lambat,” terang Prof Nasih.

Selain Vaksin Merah Putih, Unair juga melakukan pengujian dengan Oxford University sedang dalam uji klinis. [adg/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar