Pendidikan & Kesehatan

Pembelajaran Tatap Muka di Ponorogo, Siswa dari Luar Daerah Isolasi Dulu

Ponorogo (beritajatim.com) – SMK PGRI 2 Ponorogo menjadi salah satu sekolah yang melakukan uji coba pembelajaran tatap muka. Anak-anak masuk dengan tertib melaksanakan protokol kesehatan. Sebelum masuk, siswa disuruh cuci tangan dulu dengan sabun dan air mengalir. Kemudian dicek suhu tubuhnya. Karena Ponorogo masih zona orange, siswa yang melakukan pembelajaran tatap muka hanya 25 persen, sedangkan sisanya melakukan pembelajaran secara daring.

“Jika ada siswa yang tidak lolos dalam cek suhu tubuh, maka saat itu juga siswa tersebut diijinkan pulang ke rumah,” kata Kepala SMK PGRI 2 Ponorogo Syamhudi Arifin, Selasa (18/8/2020).

Arif sapaan Syamhudi Arifin menceritakan sekolahnya bisa mengadakan pembelajaran tatap muka itu melalui proses panjang. Pihak sekolah intens berkoordinasi dengan tim satgas penanggulangan Covid-19 Ponorogo. Sekolahnya, hingga dicek 3 kali oleh tim satgas untuk mendapatkan izin. “Kami dapat masukan dari tim satgas, sehingga SOP yang kita buat untuk pembelajaran tatap muka ini sudah sesuai protokol Covid-19,” katanya.

Teknis pembelajarannya pun dirubah. Jika sebelumnya satu jam pelajaran itu 45 menit, sekarang dikurangi menjadi 30 menit. Siswa di sekolah kurang lebih hanya 4 jam. Pulangnya pun, juga diatur. Para siswa yang mengikuti kegiatan belajar murni pulangnya pukul 11.00 WIB. Sedangkan siswa yang melakukan pelajaran praktek selang 30 menit kemudian, yakni pukul 11.30 WIB. “Pulangnya juga kita atur, supaya tidak menimbulkan kerumunan di parkiran atau jalan,” katanya.

Sementara untuk beberapa siswa yang berasal dari luar Ponorogo, belum langsung diizinkan masuk sekolah. Mereka harus melakukan isolasi mandiri dulu di rumah selama 14 hari. Sekiranya tidak ada tanda-tanda Covid-19 dan dalam keadaan sehat, baru diperbolehkan masuk sekolah.

“Kami tidak ingin membebani orang dengan menyuruh rapid test. Karena biayanya lumayan mahal. Ya untuk jaga-jaga, siswa disuruh isolasi dulu, kalau aman baru boleh masuk,” pungkasnya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar