Pendidikan & Kesehatan

Pembelajaran Tatap Muka di Jember Setelah Lebaran

Bupati Hendy Siswanto (foto: Hendy Siswanto Center)

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, mencanangkan pembelajaran tatap muka untuk sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas bisa dilaksanakan setelah lebaran. Kuncinya pada vaksinasi.

Bupati Hendy Siswanto mengatakan, sebagian guru dan kepala sekolah sudah mendapatkan vaksin Covid-19. Ia sudah mengajukan kembali pengadaan vaksin untuk Jember. “Kita punya jatah 1,4 juta. Nanti bulan Mei, kalau tidak Juni paling lambat. Mudah-mudahan datang sungguhan itu. Kemarin waktu kami ke Jakarta, Pak Jokowi menyampaikan, pesan 25 juta vaksin, cuma dapat enam juta. Bagaimana dibagi seluruh Indonesia ini,” katanya.

Dalam Surat Keputusan Gubernur Nomor 188/224/KPTS/013l/2020 tentang Hasil Evaluasi Raperda APBD Jember Tahun Anggaran 2021. tertanggal 23 April 2021, pengadaan vaksin juga disinggung. Pemerintah Kabupaten Jember diminta mengalokasikan anggaran pada APBD 2021 untuk pengadaan vaksin. Pedomannya adalah Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan Pandemi Covid-19 dan surat edaran Menteri Dalam tentang Dukungan Pengalokasian Anggaran Pelaksanaan Imunisasi Covid-19.

Gubernur merekomendasikan agar Pemerintah Kabupaten Jember terlebih dahulu menghitung alokasi anggaran yang dibutuhkan dalam pemberian vaksin, antara lain biaya distribusi ke wilayah Kabupaten Jember dan jumlah kebutuhan (logistik dan peralatan pendukung) untuk mendukungnya. Selain itu ada alokasi anggaran untuk kegiatan sosialisasi secara masif di wilayah Kabupaten Jember. Dalam pelaksanaannya, Pemerintah Kabupaten Jember diminta agar tetap memedomani petunjuk teknis dari pemerintah pusat.

Menurut Hendy, sudah ada 160 SD, SMP, dan SMA yang sudah siap menggelar pembelajaran tatap muka. “Kita tahan dulu, karena agak takut-takut. Jumlah tenaga kami masih kurang juga untuk mem-back up itu,” katanya. [wir/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar