Pendidikan & Kesehatan

Pembelajaran Sistem Daring Dinilai Bebani Wali Murid

Surabaya (beritajatim.com) – Pembelajaran sistem daring bagi siswa selama pandemi, dirasa cukup membebani wali murid. Bukan sekedar kenyamanan sang anak, tapi beban lain yang dirasa cukup berat adalah pengeluaran kuota internet yang berlebih.

Salah satunya orang tua dari Ramiro Arkana, siswa kelas 1 sekolah dasar di kawasan Ketintang yang mengaku sangat keberatan dengan belajar menggunakan metode daring.

Menurut wanita bernama Radinia Pitaramita ini, selain menguras kuota yang lumayan besar, metode belajar sistem daring juga menyerang psikis anak, apalagi jika si anak memiliki orang tua yang keduanya bekerja.

“Kuota lumayan besar karena harus online apalagi waktunya lebih dari 30 menit dan ini memberatkan bagi orang tua yang memiliki penghasilan kurang, selain itu orang tua yang keduanya bekerja juga otomatis harus membagi waktu untuk menemani selama ia sekolah,” ungkapnya.

Bahkan ia pun merasa kurang efektif dengan pembelajaran sistem daring, karena anak harus duduk di depan laptop yang cukup lama apalagi yang masih di bawah 10 tahun. Otomatis ia harus memutar otak dengan memberikan selingan supaya tidak bosan.

“Kalau saya pribadi kurang efektif namanya juga anak harus duduk di depan laptop lama pasti bete, apalagi kalau dirumah banyak yang ganggu dan jadwal pelajaran pun kadang tidak jelas. Maka kalau anak saya bosan saya seling dengan bermain atau nyemil meski harus mematikan display picture di webinar,” imbuhnya.

Namun ia sedikit beruntung di sekolah dasar sang anak, diberikan kemudahan dimana pihak sekolah memberikan link mata pelajaran yang bisa diakses selama 24 jam oleh para orang tua. Tinggal bagaimana orang tua membagi waktunya supaya anak mau belajar usai orang tua pulang dari bekerja.

“Beruntung di sekolah sang anak diberi kemudahan dari sekolah menjanjikan kirim link materi yang bisa diakses 24 jam, jadi bisa diakses orang tua pulang kerja dan kita tinggal bagi waktunya untuk menemani belajarnya,” pungkasnya. [way/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar