Pendidikan & Kesehatan

Pembangunan Rumah Sakit Ubaya, Sampai di Sini Tahapnya

Surabaya (beritajatim.com) – Universitas Surabaya (Ubaya) segera membangun RS Ubaya. Langkah ini sebagai bentuk peningkatan kualitas pendidikan Fakultas Kedokteran Ubaya. Salah satu persiapannya yakni groundbreaking pemancangan test pile.

Rektor Ubaya, Benny Lianto mengungkapkan adanya rumah sakit di lingkungan civitas academica Ubaya merupakan salah satu bentuk pelaksanaan aktivitas pengabdian kepada masyarakat.

“Hadirnya RS Ubaya diharapkan dapat menunjang sarana pendidikan sekaligus menjadi tempat praktik dalam memfasilitasi mahasiswa fakultas kedokteran (FK) Ubaya sebagai calon tenaga medis yang handal,” ungkapnya, Senin (3/5/2021).

Nantinya, tambah dia, RS Ubaya juga digunakan untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa serta pengembangan riset multidisiplin antara fakultas kedokteran, farmasi, bioteknologi, psikologi dan teknik.

“Kita berharap hingga 20 bulan kedepan disini akan berdiri sebuah RS Ubaya dengan konsep one stop service. Kita juga mencanangkan menjadi smart hospital dengan memanfaatkan teknologi digital,” urainya.

Dalam rancangam pembangunan RS Ubaya sendiri, dijelaskan Benny terdiri dari 9 lantai dengan luas bangunan 28.000 meter persegi dan lahan tanah seluas 13.000 meter persegi. Terdapat lebih dari 300 ruang instalasi rawat inap dan puluhan ruang perawatan intensif akan dipersiapkan agar dapat beroperasi memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat.

“RS Ubaya nantinya akan dibuka untuk umum dan dilengkapi dengan beberapa peralatan modern serta tenaga medis ahli yang akan menangani pasien,” katanya.

Disinggung terkait menjadikan RS Ubaya sebagai rumah sakit pendidikan, Benny menuturkan jika hal tersebut menjadi bagian rencana pihaknya. Namun, tentu butuh wakti yang cukup lama.

“Sementara RS umum dulu. Setelah itu kita akan mengajukan menjadi RS Pendidikan, sekitar 2-3 tahun baru bisa didirikan,” jelasnya.

PT Keluwih Medika Surabaya sebagai pengelola RS Ubaya yang bergerak di bidang kesehatan menggandeng PT Medikaloka Hermina Tbk sebagai penyedia layanan kesehatan Rumah Sakit Hermina menjadi konsultan dan operator mulai dari tahap pra-operasional pembangunan hingga tahap operasional RS Ubaya.

Dipilihnya Rumah Sakit Hermina dikatakan Benny, karena memiliki jaringan rumah sakit yang kuat secara nasional sehingga memudahkan untuk pertukaran resources jika diperlukan. Namun yang utama, Rumah Sakit Hermina memiliki kesamaan visi dan misi dengan Ubaya yang berfokus pada kualitas, sosial dan kemanusiaan.

Perwakilan warga sekitar sekaligus Ketua RW 4 Panduk kelurahan Panjang Jiwo, Hasupriadi mengatakan bahwa dirinya dan warga mendukung sepenuhnya dengan adanya rencana proses pembangunan RS Ubaya. Pihaknya berharap RS Ubaya dapat memberikan kehidupan lebih baik bagi warga sekitar.

“Mudah-mudahan kedepannya dengan adanya RS Ubaya dapat bermanfaat bagi warga kita. Misalnya bisa membuka lapangan kerja baru untuk warga kita yang membutuhkan pekerjaan, ada pelayanan kesehatan bagi warga sekitar, dan bina lingkungan ke RW Panduk. Dengan adanya RS Ubaya di wilayah kami, semoga bisa menjadi lebih baik, lebih bagus, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di bidang ekonomi,” pesan Hasuprijadi.

Kegiatan seremonial groundbreaking dilakukan secara langsung oleh Rektor Ubaya, Benny Lianto, Ketua Yayasan Ubaya, Anton Prijatno bersama Direktur PT Keluwih Medika Surabaya yang akan mengelola RS Ubaya. [adg/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar