Pendidikan & Kesehatan

Pelayanan Pasien Covid-19 RSUD Sampang Sesuai Standar

Ruang isolasi RSUD Sampang

Sampang (beritajatim.com) – Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Mohammad Zyn Kabupaten Sampang dalam menangani pasien Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sudah sesuai dengan standart. Hal itu bisa dilihat dari kelengkapan fasilitas yang ada di rumah sakit plat merah tersebut dan upaya melindungi tenaga kesehatan (Nakes) dari potensi sebaran virus saat menanggani pasien Covid-19.

Direktur RSUD dr. Mohammad Zyn Titin Hamidah mengatakan, pihaknya berupaya maksimal dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Hal itu dilakukan dengan melengkapi fasilitas yang dibutuhkan dalam menangani Covid-19. Diantaranya, ruangan isolasi tekanan negatif dan perawatan isolasi, laboratorium PCR, ventilator, APD yang sesuai standar.

Ada tim pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI) khusus dalam menangani pasien Covid-19. PPI merupakan tim yang mengawal maupun bertanggungjawab terhadap upaya pencegahan infeksi di rumah sakit. Di samping itu, terdapat tim penere yang terdiri dari dokter spesialis paru, penyakit dalam, jantung, anak, syaraf dan anestesi.

“Kami bersyukur mempunyai PPI yang luar biasa. Tanpa lelah dan berkomitmen untuk keselamatan pasien, petugas, dan pengunjung,” terangnya, Selasa (6/10/2020).

Titin menambahkan, pihaknya juga berupaya untuk menjaga dan melindungi kesehatan nakes yang bertugas di RSUD Sampang. Yakni dengan cara melakukan pemeriksaan swab PCR. Sebanyak 280 Nakes sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan berkala di era pandemi. “Tujuannya untuk mengetahui tingkat kesehatan nakes di masa pandemi serta memastikan Nakes tetap sehat sehingga bisa melayani masyarakat dengan maksimal,” tandasnya.[sar/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar