Pendidikan & Kesehatan

Pelajar yang Tinggal di Sekitar Sungai Brantas Malang Dapat Beasiswa

50 pelajar di sekitaran Sungai Brantas Kota Malang dapat beasiswa dari PJT I.

Malang (beritajatim.com) – Sebanyak 50 pelajar di wilayah Kota Malang mendapat bantuan beasiswa dari Perum Jasa Tirta (PJT) I. Bantuan dari Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) itu diserahkan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Malang.

Para pelajar penerima beasiswa adalah 23 siswa jenjang SD dan 27 pelajar jenjang SMP. Masing-masing menerima beasiswa Rp 500 ribu yang diberikan secara tunai kepada siswa dengan didampingi orang tua atau wali murid.

Penyerahan beasiswa dilakukan simbolis oleh Kepala Dindikbud Kota Malang, Suwarjana bersama Kepala Departemen Pengelolaan PKBL PJT I, Nina Meita Sari. Nina menjelaskan, penyaluran beasiswa tersebut merupakan salah satu bentuk pelaksanaan program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahan tahun 2021.

Nina mengatakan PJT I berkantor pusat di Kota Malang sehingga memberikan beasiswa bagi pelajar jenjang SD dan SMP di Kota Malang. Adapaun kriteria pelajar penerima beasiswa, yakni memiliki prestasi akademik yang baik, bertempat tinggal di sekitar wilayah sungai atau anak sungai Kali Brantas yang melintasi Kota Malang serta orang tua pelajar penerima beasiswa terdampak pandemi Covid-19.

“Agar program ini berjalan lancar dan sesuai tujuan yang diharapkan, kami dari PJT I sebagai BUMN pengelola Sumber Daya Air menggandeng Dindikbud Kota Malang agar penyaluran beasiswa ini tepat sasaran,” kata Nina, Kamis (15/4/2021).

Sementara itu, Kepala Dindikbud Kota Malang, Suwarjana menyampiakan terima kasih pada jajaran PJT I yang telah ikut andil peduli mewujudkan pembangunan berkelanjutan, salahsatunya melalui pendidikan berkualitas. Penyaluran beasiswa itu, kata dia, sebagai bentuk program kemitraan dan bina lingkungan dapat membantu dan meningkatkan motivasi semangat belajar  siswa SD dan siswa SMP.

“Kriteria pelajar penerima beasiswa memiliki prestasi akademik yang baik secara tidak langsung mendorong siswa untuk berlomba belajar giat. Sehingga selain memperoleh nilai yang memuaskan juga mendapatkan berbagai bentuk apresiasi di antaranya mendapatkan beasiswa, baik itu beasiswa dari pemerintah maupun beasiswa dari pihak ketiga seperti PJT I,” ujar Suwarjana.

Suwarjana berpesan pada murid serta orang tua dan wali murid penerima beasiswa agar bersyukur dengan adanya bantuan tersebut. “Patut kiranya berkah ini kita syukuri bersama. Sebab, Ananda sekalian terpilih dari ribuan pelajar yang ada. Untuk itu, selain bersyukur, maka gunakanlah beasiswa dari PJT I ini sebagaimana mestinya. Gunakan sesuai peruntukkannya seperti memenuhi kebutuhan sekolah atau kebutuhan belajar Ananda sekalian,” tandasnya. [luc/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar