Pendidikan & Kesehatan

Pelajar SMA di Sumenep Mulai Divaksin

Sumenep (beritajatim.com) – Vaksinasi untuk kalangan pelajar mulai dilakukan di Sumenep. Tahap awal, siswa SMA Negeri 1 Sumenep yang divaksin.

Vaksinasi tersebut dilakukan di aula sekolah tersebut. Untuk menghindari kerumunan, ratusan siswa diminta masuk ke aula secara bergiliran. Mereka akan melalui tahap ‘screening’ terlebih dahulu, untuk memastikan kondisi kesehatan para siswa. Setelah itu, baru mereka akan disuntik vaksin dosis pertama.

Kepala SMA Negeri 1 Sumenep, Sukarman menjelaskan, dari 1.062 siswa di SMA nya, yang mendapat vaksin tahap awal sekitar 200-an. Sebagian besar siswa tidak mengikuti vaksinasi kali ini, di antaranya karena ada yang sudah divaksin di luar sekolah.

“Selain itu ada yang kondisi badannya kurang fit. Terus ada pula yang secara psikologis mungkin belum siap,” ujarnya Jumat (23/07/2021).

Sementara salah seorang siswi SMA Negeri 1 Sumenep, Tafrillah Abelia menuturkan, dirinya mau divaksin karena ingin terhindar dari virus corona. “Awalnya memang takut, tapi ya termyata tidak ada apa-apa kok setelah divaksin. Saya sehat-sehat saja,” ucapnya.

Ia mengakui, ada beberapa temannya yang tidak datang saat vaksinasi karena takut, atau ada juga karena tidak diijinkan orang tua. “Kalau saya memang didukung orang tua untuk vaksin, sebagai upaya mencegah penularan corona,” tandasnya.

Sebelumnya, Bupati Sumenep, Ach. Fauzi telah menerbitkan surat edaran (SE) tentang vaksinasi terhadap remaja atau pelajar yang memenuhi persyaratan kesehatan. Sekolah-sekolah diminta untuk melaksanakan vaksinasi bagi siswanya, terutama setingkat SMA. [tem/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar