Pendidikan & Kesehatan

Pedonor Plasma Konvalesen Gresik Terus Bertambah

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) mendonorkan plasmanya yang digelar PMI Cabang Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Pendonor plasma konvalesen di Kabupaten Gresik, terus bertambah seiring dengan banyaknya penyitas Covid-19 yang mendonorkan plasmanya. Berdasarkan data PMI Cabang Gresik jumlahnya mencapai 150 orang.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Cabang Gresik, dr Jufrita menuturkan, pendonor plasma konvalesen setiap harinya bertambah. Hal ini membuktikan kesadaran para penyitas Covid-19 sangat tinggi, dan tidak malu lagi mendonorkan plasmanya buat yang membutuhkan.

“Kebutuhan plasma konvalesen masih tinggi. Untuk itu, kami juga menggelar gerakan donor plasma di Gresik bersama Bupati Fandi Akhmad Yani (Gus Yani),” tuturnya, Selasa (2/03/2021).

Sementara, Bupati Fandi Akhmad Yani yang akrab dipanggil Gus Yani mengatakan, sebagai seorang penyintas, yang pernah terpapar Covid-19. Dirinya, mengajak seluruh masyarakat Gresik untuk mensukseskan gerakan donor plasma konvalesen.

“Gerakan ini sangat penting. Sebab, donor plasma konvalesen merupakan salah satu treatmen yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan angka kesembuhan dan mengurangi angka kematian pasien yang terpapar covid,” katanya.

Ia menjelaskan, dirinya berterima kasih kepada masyarakat penyintas yang telah memberikan donor darah plasmanya kepada masyarakat Gresik.

“Saya termasuk salah satu penyintas yang siap mendonorkan darah plasma konvalesen untuk Gresik Baru,” paparnya.

Sewaktu terpapar Covid-19, Bupati Gresik Gus Yani bercerita dirinya terpapar positif usai melakukan tes swab PCR pada 25 Desember 2020 lalu pasca Pilkada Gresik. Meski hanya sebagai orang tanpa gejala (OTG). Namun, selama 25 hari dirinya melaksanakan isolasi. Saat itu juga, dilaksanakan tes swab lagi hasilnya selalu positif.

“Selama masa isolasi, saya pergunakan waktu untuk membaca, dan Alhamdulillah sudah menamatkan lima buku,” ungkapnya.

Gus Yani sangat mengapresiasi sekali kepada masyarakat Gresik yang telah mendonorkan darah Plasna Konvalesen. Dia berharap, agar seluruh masyarakat penyintas Gresik untuk melaksanakan kegiatan kemanusiaan ini.

“Dalam waktu dekat, kami juga melaksanakan vaksinasi terhadap 1.000 imam masjid maupun musholla, marbot dan dan takmir,” tandasnya. (dny/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar