Pendidikan & Kesehatan

PDP Mulai Galau di Ruang Isolasi

Ilustrasi; Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Banyuwangi saat mengunjungi orang dalam pantauan (ODP) di rumah singgah Desa, Jambewangi Kecamatan Sempu, beberapa waktu lalu. [Foto/Rindi Suwito]

Banyuwangi (beritajatim.com) – Menjalani isolasi sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 tentu menimbulkan suasana hati yang tak enak. Jenuh, pikiran galau, bahkan bisa stres. Kondisi ini pun berusaha dihilangkan oleh segenap tim kesehatan Covid-19 di RSUD Blambangan, Banyuwangi.

Psikolog RSUD Blambangan Betty Kumala Febriawati membenarkan hal tersebut. Saat pertama kali mendampingi pasien PDP yang diisolasi, selain jenuh, pasien rata-rata dilanda kecemasan. Baik cemas dengan kondisi kesehatan tubuhnya hingga cemas dengan stigma masyarakat terhadap mereka.

“Kami memberikan semangat agar mereka tetap optimistis. Kami dorong agar fokus dulu pada kesehatannya agar imunitas tubuh terdongkrak. Untuk masalah stigma tidak perlu dipikirkan dulu, kami yakinkan jika penyakit ini bukanlah aib dan bisa disembuhkan,” kata alumnus Magister Profesi Psikologi Universitas Airlangga Surabaya itu, Sabtu (25/4/2020).

Beberapa upaya dilakukan oleh tim medis untuk memberikan semangat dan keceriaan para pasien. Selain memberikan penanganan secara medis, petugas juga menuntun dengan siraman rohani hingga menyetel musik. “Alhamdulillah beberapa pasien yang tadinya terlihat murung, lemas, jadi lebih bersemangat. Yang tadinya hanya tiduran, jadi mau duduk bahkan sampai tertawa gembira selama konseling berlangsung,” pungkas Betty yang memberikan konseling dua kali dalam sepekan. [rin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar