Pendidikan & Kesehatan

PDIP Gresik Ingatkan Bahaya HIV/AIDS

Gresik (beritajatim.com)- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan (PDIP) Kabupaten Gresik menggelar sosialisasi bahaya HIV/AIDS. Kegiatan tersebut masih dalam rangkaian peringatan Hari Ibu ke-91.

“Kegiatan sosialisasi ini merupakan bentuk kepedulian DPC PDIP Gresik mengenai bahaya HIV/AIDS dan pencegahannya,” ujar Siti Muawiyah selaku panitia yang juga bendahara DPC PDIP Gresik, Selasa (24/12/2019).

Siti Muawiyah berharap, melalui kegiatan tersebut masyarakat dan kader PDIP mengetahui bagaimana HIV/AIDS ditularkan. Sementara itu, Bidan Ismu yang bertugas di Puskesmas Alun-alun Gresik yang juga sebagai pemateri menuturkan, penularan HIV/AIDS yang paling besar melalui hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.

Sedangkan melalui alat kesehatan yang tidak steril penularannya sangat kecil. “Bentuk pencegahannya, jangan melakukan seks bebas, dan selalu memakai kondom,” ungkapnya.

Bidan senior itu juga menambahkan, HIV/AIDS bisa menular ke ibu hamil asal ibu yang bersangkutan terlebih dulu tertular. Karena itu, pencegahan dini sangat penting.

Dirinya juga menghimbau masyarakat tidak antipati terhadap pasien HIV/AIDS. Sebab, kalau terus dikucilkan psikologisnya akan tertekan. Padahal, setiap pasien HIV/AIDS membutukan support agar bisa survive. “Pasien HIV/AIDS butuh dukungan di lingkungannya. Penyakit ini tidak menular bila bersentuhan,” pungkasnya. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar