Pendidikan & Kesehatan

PCR Tak Berfungsi, RSUD Syamrabu Kirim Sampel ke Surabaya

Wakil Direktur RSUD Syamrabu Bangkalan dr Farhat Suryaningrat

Bangkalan (beritajatim.com) – Bantuan pinjaman alat PCR dari Pemprov Jatim untuk Kabupaten Bangkalan tidak bisa digunakan. Pasalnya, tabung MIC salah satu kelengkapan alat tersebut tak berfungsi, sehingga untuk sampel akan kembali dikirim ke Surabaya.

Wakil Direktur RSUD Syamrabu Bangkalan dr Farhat Suryaningrat mengatakan, pihaknya membutuhkan tabung MIC baru agar alat PCR bisa digunakan kembali. Namun, hingga kini tabung tersebut sulit didapatkan dan belum bisa diimpor secara bebas.

“Untuk proses impor tabung tersebut juga sulit sehingga kita tidak bisa beli. Sehingga, untuk sampel kami kirim ke Surabaya lagi,” tuturnya, Rabu (12/8/2020).

Terjadinya kendala itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkab setempat untuk mencari solusi. Sementara Bupati Bangkalan menyarankan agar membeli alat PCR sendiri.

“Kemarin pak Bupati menyarankan untuk beli. Maka saat ini kami masih menyiapkan kelengkapan dokumen untuk pembelian alat tersebut,” ungkapnya.

Meski kasus Covid-19 di Bangkalan saat ini sudah menurun, pihaknya tetap membutuhkan alat PCR, karena alat tersebut juga bisa digunakan untuk deteksi penyakit lainnya.

“Untuk penyakit lain juga bisa dideteksi menggunakan alat tersebut. Maka nanti juga akan kami pisahkan untuk pemeriksaan Covid dan layanan umum lainnya supaya bermanfaat,” tandasnya. [sar/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar