Pendidikan & Kesehatan

Pasien Positif Covid-19 di Sumenep Tambah 6 Orang, 4 dari Klaster Baru

Sumenep (beritajatim.com) – Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumenep bertambah 6 orang. Dengan demikian, jumlah pasien positif Covid-19 di Sumenep sebanyak 24 orang.

“Dari enam orang itu, satu orang berjenis kelamin laki-laki, lima orang perempuan. Satu di antaranya dari Kecamatan Guluk-guluk, satu dari Kecamatan Rubaru, dan empat lainnya dari Kecamatan Dasuk,” kata Humas Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya, Sabtu (20/06/2020).

Ia memaparkan, pasien nomor 19 berjenis kelamin perempuan (20) asal Surabaya dan tinggal di Kecamatan Guluk-guluk. Pasien ini ketika datang dari Surabaya tanggal 11 Juni menjalani rapid test di Puskesmas Kecamatan Guluk-guluk. Ternyata hasilnya reaktif.

“Yang bersangkutan kemudian melakukan isolasi mandiri dan pada tanggal 15 Juni dilakukan swab, ternyata hasilnya positif Covid-19,” ujarnya.

Pasien nomor 20 berjenis kelamin laki-laki (30) warga Kecamatan Rubaru. Pasien ini hasil tracing dari tim Satgas Covid-19 terhadap karyawan sebuah perusahaan di Sumenep. Istri dari pasien ini bekerja di perusahaan tersebut. Saat dilakukan rapid, istri pasien nomor 20 dinyatakan reaktif.

“Karena pasien nomor 20 merupakan kontak erat karyawati perusahaan itu, maka juga dilakukan rapid test. Ternyata hasilnya reaktif. Kemudian ditindaklanjuti dengan swab, dan hasilnya positif Covid-19,” terangnya.

Sedangkan pasien nomor 21, berjenis kelamin perempuan (34), warga Kecamatan Dasuk, juga karyawan salah satu perusahaan di Sumenep. Hasil telusur dan wawancara Tim Satgas Covid-19, ia mengakui jika hasil rapid test yang dilakukan perusahaanya pada dirinya reaktif. Kemudian dilakukan swab oleh laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) Sumenep, dan hasilnya positif.

Pasien nomor 22 juga dari Kecamatan Dasuk, berjenis kelamin perempuan (31) yang mengakui bahwa hasil rapid test nya reaktif. Namun, untuk memastikan kebenarannya, pasien ini melakukan rapid test ulang di Puskesmas Dasuk. Hasilnya tetap reaktif. “Karena itu segera dilakukan swab oleh Labkesda. Ternyata hasilnya positif Covid-19,” ungkap Ferdiansyah.

Sedangkan pasien nomor 23, perempuan (27) juga berasal dari Kecamatan Dasuk. Ia pun merupakan karyawan sebuah perusahaan swasta di Sumenep. Pasien ini juga mengakui hasil rapid test-nya reaktif dan menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Setelah dilakukan swab, hasilnya pun positif Covid-19.

“Pasien ke-20, 21, 22, dan 23 merupakan klaster sebuah perusahaan di Sumenep,” ucapnya.

Sementara pasien nomor 24 berjenis kelamin perempuan (28), warga Kecamatan Dasuk. Pasien ini merupakan karyawan salah satu BUMD di Sumenep.

“Saat melakukan rapid test mandiri, hasilnya reaktif. Kemudian ditindaklanjuti dengan swab. Termyata hasilnya juga positif Covid-19,” terang Ferdiansyah.

Ia menjelaskan, keenam pasien positif Covid-19 tersebut saat ini langsung menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD dr H. Moh. Anwar Sumenep. “Kemudian kami juga melakukan tracing terhadap kontak erat pasien-pasien tersebut, dan melakukan rapid test terhadap mereka,” katanya.

Hingga hari ini, dari pasien positif terpapar virus corona di Kabupaten Sumenep tercatat 24 orang. 8 dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar