Pendidikan & Kesehatan

Pasien Positif Covid-19 di Sumenep Bertambah 4

Sumenep (beritajatim.com) – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 4 orang, setelah sebelumnya 2 pasien dinyatakan sembuh.

“Jadi saat ini total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Sumenep ada 9 orang. 8 orang dirawat di RSUD dr H. Moh. Anwar Sumenep dan 1 orang dirawat di Surabaya. Awalnyakan 11, tetapi yang 2 orang sudah dinyatakan sembuh,” kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, Rabu (27/05/2020).

Ia memaparkan, empat tambahan pasien baru tersebut tiga diantaranya merupakan warga Kecamatan Kota Sumenep, dan satu lainnya warga Kecamatan Talango Pulau Poteran. Sebagian besar mereka terpapar dari pasien positif sebelumnya.

“Jadi memang virus ini tidak bisa dianggap enteng. Pasien-pasien tambahan ini terpapar dari orang dekatnya yang sering kontak dan terkonfirmasi positif. Artinya kita semua harus waspada dan patuhi protokol kesehatan,” ujar Busyro.

Sementara Ketua Tim Kewaspadaan Covid-19 RSUD dr H. Moh. Anwar Sumenep, dr Andre Dwi Wahyudi Sp. Paru merinci pasien-pasien tambahan tersebut.

Dari empat pasien tambahan itu, dua diantaranya terpapar dari pasien nomer 6, yakni warga Sumenep yang merupakan karyawan BRI Surabaya, kemudian 1 pasien terpapar dari pasien PDP, warga Pangarangan yang meninggal sebelum di swab, namun dimakamkan berdasarkan SOP Covid-19. Sedangkan 1 pasien lagi warga Talango yang merupakan klaster Jakarta.

“Kalau yang klaster Jakarta ini sebetulnya tidak tinggal di Jakarta. Anaknya yang datang dari Jakarta karena ibunya sakit. Melihat sakitnya, kami mencurigai ada virus Corona. Lalu kami tes dan ternyata hasilnya positif,” terang Andre.

Selain 8 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, RSUD Sumenep juga merawat satu pasien berstatus PDP. “Semuanya dirawat di ruang isolasi Covid-19,” ucapnya. (tem/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar