Pendidikan & Kesehatan

Pasien Positif Covid-19 di Sumenep Bertambah 4 Orang, Transmisi Lokal

Sumenep (beritajatim.com) – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumenep kembali bertambah. Hari ini bertambah 4 orang, dan semuanya dirawat di ruang isolasi RSUD dr H. Moh. Anwar Sumenep.

“Keempat pasien baru yang terkonfirmasi positif itu semuanya berdomisili di Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep,” kata Kepala Dinas Kominfo Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya, Kamis (04/06/2020).

Ia menjelaskan, pasien ke-13 hingga 16 itu seluruhnya di swab di Sumenep. Sebelum hasil swab keluar, mereka telah menjalani isolasi mandiri, setelah rapid test menunjukkan hasil reaktif. “Ketika sore ini hasil swab turun dan terkonfirmasi positif, maka mereka langsung dijemput untuk dibawa ke ruang isolasi Covid-19 RSUD Sumenep,” terang Ferdiansyah.

Ia menjelaskan, para pasien tersebut sebagian besar merupakan transmisi lokal, atau terpapar dari pasien sebelumnya. “Jadi sudah tidak seperti di awal, semuanya klaster luar. Sekarang sudah mulai terpapar dari dalam sendiri, yakni dari pasien sebelumnya,’ ujarnya.

Saat ini tim dari gugus tugas pengendalian penyebaran Covid-19 langsung bergerak melakukan penyemprotan desinfektan di sekitar tempat tinggal keempat pasien, untuk mencegah penyebaran virus.

“Kami sudah koordinasi dengan camat, kepala desa, puskesmas, untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Selain itu, juga dilakukan tracing siapa saja yang pernah melakukan kontak erat dengan penderita,” jelasnya.

Hingga saat ini, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumenep sebanyak 16 orang. Namun 4 diantaranya telah dinyatakan sembuh. Sisanya masih dirawat di rumah sakit. 10 pasien dirawat di RSUD dr H. Moh. Anwar Sumenep, dan 2 lainnya dirawat di Surabaya. (tem/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar