Pendidikan & Kesehatan

Pasien Positif Covid 19 Banyuwangi Punya Riwayat dari Bali

Banyuwangi (beritajatim.com) – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengkonfirmasi secara resmi terkait pasien positif covid 19. Sebelum hasil tes dinyatakan positif, pasien yang dimaksud memang memiliki keluhan sakit dan riwayat pulang dari Bali.

“Pasien TT ini sempat diperiksa di rumah sakit hasilnya negatif, sehingga ada kekhawatiran pasien ini dilakukan pemeriksaan di Banyuwangi kemudian kita kirim sampel ke Surabaya hasilnya negatif, kemudian kita kirim ke Jakarta dan dilakukan uji lab di Jakarta hasilnya positif,” terang Anas saat press conference di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Senin (30/3/2020).

Pasien yang bersangkutan, kata Anas, telah dilakukan karantina di RSUD Blambangan sejak 22 Maret 2020. Tapi, saat ini kondisinya terus menunjukkan kondisi membaik.

“Yang sebelumnya pasien ini sempat pulang dari Bali pada 4 Maret 2020, kemudian dia tinggal bersama suaminya di Desa Ringinpitu, dan di situ juga ada kakeknya,” ucap Anas.

Sejauh ini, kata Anas, orang dalam pantauan (ODP) di Banyuwangi sebanyak 196 orang, PDP kosong, dan pasien positif ada satu orang. “80 dari 196 itu memang dari sebelah atau dari Bali. Kita saat ini sedang melakukan tindak lanjut bagaimana mengantisipasi ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Banyuwangi telah menyiapkan 300 bed untuk pasien corona di sejumlah rumah sakit. Ditambah guest house di Pendapa Swagata Blambangan, Gedung Wanita dan Wisma Dormitory Atlet yang disulap jadi ruang isolasi. (rin/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar