Pendidikan & Kesehatan

Pasien Positif Corona di Malang Sembuh, Covid-19 Bukanlah Aib

Tim RSSA Kota Malang dan Wali Kota Malang mengumumkan pasien positif Covid-19.

Malang(beritajatim.com) – Pasien pertama positif terinfeksi virus corona Covid-19 di Kota Malang, Rhesa Haryo Wicaksono, (22) mampu berjuang dan membuktikan virus ini bisa dikalahkan. Dia masuk ruang isolasi pada 11 Maret dan dinyatakan sembuh pada 20 Maret 2020 lalu oleh Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang.

“Selama di ruang isolasi saya tidak bisa dijenguk oleh keluarga karena terhalang ruang kaca. Tanggal 21 Maret saya pulang, tanggal 23 Maret saya diberi tahu ibu kalau saya idap positif corona. Selama di isolasi tim medis tidak memberitahu saya positif corona mungkin untuk menjaga psikis,” kata Rhesa, Kamis, (2/4/2020).

Rhesa sedari awal tidak menyangka terinfeksi virus corona. Dia sebelum dirawat di ruang isolasi RSSA, sempat memeriksakan dirinya ke sebuah klinik kesehatan dan rumah sakit. Dia mengira terkena malaria atau tifus ternyata hasil pemeriksaan medis negatif untuk kedua penyakit itu.

Di RSSA dia menjalani uji swab dan urine. Hasilnya keluar beberapa hari kemudian dan dinyatakan positif. Dia mengaku tak mengetahui dirinya terinfekai virus corona dimana. Namun berdasarkan riwayat perjalanan dan kontak interaksi dia pernah ke Surabaya. Dan melakukan kontak dengan pasien positif di Dau, Kabupaten Malang.

“Saya tidak tahu kena dimana. Paling penting, tetap berpikir positif. Tak usah berpikir yang tidak-tidak. Biasanya takut dikucilkan, tidak usah dipikir kalau itu. Seharusnya masyarakat juga mengerti kalau ini wabah secara global. Corona ini bukan aib,” papar Rhesa.

Usai dinyatakan sembuh, Rhesa melanjutkan isolasi secara mandiri di rumah. Sesuai jadwal dia sebenarnya sudah tidak wajib melakukan isolasi pada Jumat besok, (3/4/2020). Namun, karena jadwal kontrol 7 April dia melanjutkan masa isolasi mandiri hingga tanggal itu.

“Untuk pasien lain, kita semua bisa melawan corona dengan menjaga kebersihan, makan yang banyak. Serta Imun bisa diperoleh kalau nutrisi yang masuk banyak. Jumat ini harusnya selesai tapi karena jadwal kontrol 7 April ya saya isolasi mandiri sampai 7 April nanti,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar