Pendidikan & Kesehatan

Pasien dan Sopir Ambulans di Kota Malang Terkoneksi Emergency Button

Persiapan peluncuran Emergency Button oleh PMI Kota Malang secara daring.

Malang(beritajatim.com) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang membuat aplikasi Emergency Button. Melalui aplikasi ini pasien akan terkoneksi langsung dengan sopir ambulans. Dalam waktu dekat aplikasi ini segera diluncurkan oleh PMI Kota Malang.

Kepala Bidang Pelayanan PMI Kota Malang, Heri Suwarsono mengatakan, secara teknis kinerja aplikasi ini mirip dengan aplikasi ojek online. Pengunduh aplikasi akan langsung berkoneksi dengan driver. Ditambah dengan lokasi terkini pengakses aplikasi.

“Seperti kalau kita butuh ojol, saat ada kecelakaan di jalan raya misalnya, nanti posisi kecelakan tersebut akan terkoneksi langsung ke driver. Jadi kayak (grab atau gojek) ambulan gitu,” kata Heri, Minggu, (3/1/2021).

Heri mengatakan, dengan penentuan lokasi terkini respon dan tindakan sopir ambulans akan lebih cepat tidak seperti saat konvensional. Sebab, dengan call center yang selama ini dilakukan layanan harus berpindah dari server satu ke server lainnya.

“Kalau call center kan harus berpindah dari server satu ke server lainnya. Tapi kalau aplikasi ini beda, langsung konek ke ambulan dan sudah tertera titik lokasinya. Jadi pelayanan lebih cepat,” ujar Heri.

PMI Kota Malang berharap pengembangan aplikasi Emergency Button bisa menyelamatkan banyak orang karena respon petugas serta informasi yang diterima lebih cepat. Apalagi tugas utama PMI adalah misi kemanusiaan.

“Intinya memaksimalkan melaksanakan tugas kemanusiaan. Mencegah kematian dan mengurangi efek kecacatan sesuai program dari Kemenkes terkait pelaksanaan Sistem Penanggulangan Kegawatdaruratan Terpadu (SPGDT). Kami kerjasama dengan perguruan tinggi Institut Asia agar hasilnya lebih maksimal. Perkiraan sudah bisa segera dimaksimalkan dalam waktu dekat di awal tahun ini,” tandas Heri. (luc/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim Foto

Air Terjun Telunjuk Raung

Foto-foto Longsor di Ngetos Nganjuk