Pendidikan & Kesehatan

Pasien Covid Gresik yang Sembuh Capai 1.223 Orang

Foto ilustrasi

Gresik (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik mencatat pasien positif Covid-19 yang sembuh bertambah lagi, yaitu ada 39 orang. Sehingga, total pasien sembuh per 4 Agustus 2020 totalnya mencapai 1.223 orang.

Kabag Humas & Protokol Pemkab Gresik Reza Pahlevi mengatakan, saat ini ada tambahan pasien yang sembuh menjalani pemeriksaan medis di beberapa rumah sakit.

“Sebanyak 39 pasien itu berasal dari beberapa kecamatan. Diantaranya, Kecamatan Menganti ada 9 orang. Berikutnya Kecamatan Kebomas 8 orang dan Kecamatan Driyorejo 6 orang. Sisanya dari Kecamatan Cerme 3 orang, dan Kecamatan Benjeng 3 orang,” ujarnya, Selasa (4/08/2020).

Selain pasien sembuh lanjut Reza, juga terdapat pasien yang terpapar positif. Kali ini ada tambahan 35 orang. Sehingga, total pasien yang positif mencapai 1.932 orang.

“Tambahan pasien yang positif paling banyak berasal dari Kecamatan Kebomas ada 11 orang. Disusul berikutnya Kecamatan Gresik 7 orang, dan Kecamatan Manyar 3 orang,” tuturnya.

Reza juga mengungkapkan terkait dengan kasus Covid-19 ini juga terdapat pasien yang meninggal. Dari data satgas ada 148 orang selama enam bulan kasus ini muncul.

“Untuk mencegah supaya kasus ini tidak terus meningkat. Pemkab Gresik bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) serta unsur terkait melakukan penelusuran secara ketat terhadap pasien yang terpapar positif,” paparnya.

Khusus untuk pasien yang meninggal kata Reza, sebagian besar diakibatkan oleh ada penyakit penyerta seperti jantung, diabetes mellitus, serta radang paru kronis.

Untuk itu lanjut dia, dihimbau kepada masyarakat yang tidak memiliki penyakit menular agar lebih mengkedepankan protokol kesehatan. Misalnya, keluar rumah mengenakan masker, menjaga jarak serta rajin mencuci tangan pakai sabun. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar