Pendidikan & Kesehatan

Pasien Covid-19 Menurun, Nakes RSUD Ibnu Sina Gresik Lakukan Sterilisasi Isolasi

Tenaga kesehatan (Nakes) RSUD Ibnu Sina Gresik melakukan sterilisasi ruangan isalasi pasca kasus Covid-19 terus menurun

Gresik (beritajatim.com) – Pasien yang terpapar Covid-19 yang menjalani perawatan medis di RSUD Ibnu Sina Gresik terus menurun. Bahkan, pasien tersebut saat ini mulai sepi. Sehingga, sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) sudah memfungsikan kembali ruang isolasi menjadi ruang normal dengan melakukan sterilisasi.

Menurut dr Wiwik Kurnia Illahi Sp.P selaku penanggungjawab pasien Covid-19 RSUD Ibnu Sina menuturkan, sejak sebulan lalu pasien yang dirawat di RSUD tidak lebih dari 10 pasien.

Ia menambahkan, dari jumlah itu hanya satu pasien yang dirawat di ruang ICU. Yang bersangkutan juga ada penyakit penyerta jantung. Sementara pasien lain kondisinya terus membaik. “Saat ini tinggal menyisakan satu ruang isolasi saja. Padahal, sebelumnya kami menyiapkan enam ruang isolasi untuk pasien Covid-10. Sedangkan ruang yang sebelumnya untuk isolasi, sudah kami sterilisasi untuk ruangan normal atau ruangan seperti semula,” ujarnya, Kamis (8/04/2021).

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehata (Dinkes) Gresik drg Saifudin Ghozali mengakui apabila pasien yang masih dalam perawatan di rumah sakit sangat sedikit. Hal itu merupakan kabar baik. Betapa tidak, setelah berubah zona ke kuning, kini rumah sakit mayoritas tidak merawat pasien covid-19. “Tetap masih ada rumah sakit yang merawat tapi sedikit. Mayoritas sudah tidak merawat pasien covid-19 dan kondisinya stabil atau membaik,” katanya.

Kendati demikian lanjut dia, dirinya terus menghimbau agar masyarakat tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan. Pihaknya mencontohkan akhir 2020 lalu. Kasus Covid-19 sempat turun, namun ternyata gelombang dua bergulir malah naik lagi. “Meski sudah vaksinasi dan kasus turun, tetap harus prokes. Kita jaga zona kuning ini dan bisa ke zona hijau,” ungkapnya.

Berdasarkan data Dinkes Gresik tercatat sudah ada 5.431 kasus positif di Gresik. Dari jumlah itu, pasien yang masih dalam perawatan tinggal 58 orang. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar