Pendidikan & Kesehatan

Pasien Covid-19 Kelima di Sumenep Dinyatakan Sembuh

foto/ilustrasi

Sumenep (beritajatim.com) – Kabar gembira datang dari salah satu warga Sumenep yang terkonfirmasi positif Covid-19. Pasien nomor 5 ini dinyatakan sembuh dari Covid-19.

“Berdasarkan dua kali swab terakhir, pasien nomor 5 ini hasilnya semua negatif. Jadi pasien nomor 5 ini dinyatakan sembuh dari Covid-19,” kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, Jumat (15/5/2020).

Pasien nomor 5 tersebut merupakan karyawan Bank Jatim Cabang Pembantu Pragaan. Saat dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, yang bersangkutan langsung menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Surabaya. “Alhamdulillah sekarang sudah dinyatakan sembuh,” ujar Busyro.

Namun kondisi berbeda dialami pasien Covid-19 nomor 1-4 yang dirawat di RSUD dr H. Moh. Anwar Sumenep. Hasil tes swab mereka masih berubah-ubah. Karena itu, mereka masih harus menjalani perawatan di ruang isolasi Covid-19 di RSUD Sumenep.

“Hasil test swab keempat pasien ini berubah-ubah. Ada yang swab keduanya negatif, tapi swab ketiga positif. Ada yang sebaliknya. Swab kedua positif, swab ketiga negatif. Ada yang masih positif terus,” paparnya.

Karena itulah, mereka masih harus menjalani perawatan di ruang isolasi Covid-19, hingga dua kali swab terakhir negatif dan dinyatakan sembuh. “Selama dirawat di ruang isolasi, SOP nya jelas. Tidak boleh ada kontak satu sama lain. Dengan orang luar pun tidak boleh. Ini demi memutus penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Warga Sumenep yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 1 lagi menjadi 6 orang. Pasien nomor 6 merupakan orang Sumenep yang bekerja di Surabaya. Saat dilakukan rapid test mandiri di Surabaya, hasilnya reaktif. Karena itu, yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri di Sumenep. Pasien ini kemudian di swab di RSUD dr H. Moh. Anwar Sumenep. Ternyata hasil swabnya positif, sehingga yang bersangkutan langsung dirawat di ruang isolasi Covid-19 di RSUD Sumenep. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar