Pendidikan & Kesehatan

Pasien Covid 19 Gejala Ringan Bisa Gunakan Paket Isoman Dengan Cara Mudah dan Murah

Surabaya (beritajatim.com) – Meningkatnya kasus covid 19 di Surabaya baik gejala ringan, sedang dan berat, membuat sebgaian masyarakat yang terpapar bingung ketika mengetahui hasil swab antigen atau pcr mereka positiv. Banyak yang mengabaikan untuk tidak berkonsultasi ke dokter dengan berbagai alasan..

Padahal konsultasi pasca hasil rapid atau pcr sangat dibutuhkan terutama untuk masyarakat yang terpapar. Salah satu alternatifnya adalah memilih paket perawatan isoman di rumah namun tetap dalam pantaun pihak rumah sakit dan dokter.

Seperti paket yang disediakan oleh Rumah Sakit Rumah Sakit Manyar Medical Cente, yang menyediaka paket lengkap untuk masyarakat yamg bergejala covid 19 dengan kategori ringan.

Para pasien ini bisa langsung melakukan tes antigen, pcr, thorax dan lab di rumah sakit. Jika memang dalam kondisi gejalan ringan pasien bisa langsung berkonsultasi awal dengam dokter untuk di berikan obat yang sesuai dengan kondisi badan dan gejala yang dialami.

Dokter rumah sakit akan memantau 3 hingga 4 hari perkembangan pasien dengan cara video call dan melihat apakah pasien ini perkembanhangannya semakin membaik hingga sepuluh hari kedepan.

“Jangka waktu kalau paket isoman 10 hingga 14 hari sampai tidak ada keluhan masa isolasi. Dan kita semua pemeriksaan dalam satu paket 1x diawal dan ketika sudah sembuh jika mau pcr atau antigen di sini boleh tapi tidak dalam satu paket. Jika hasil sudaj negativ nanti kita akan kasih surat keterangan sembuh karena ini penting untuk pasien jika akan donor plasma,” ungkap Wardah Dahdah, Direktur Penunjang dan Keuangan Rumah Sakit Manyar Medical.Center, Jumat (30/7/2021).

Lebih lanjut dikatakan Wardah, untuk harga paket isolasi mandiri pun cukup terjangkau setiap pasien di pemeriksaan awal hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 1,4 jutaan untuk melakukan tes lengkap, setelah itu untuk obat tergantung keluhan namun jika di akumulatif kurang lebih sebesar 2,5 juta rupiah.

“Sebenarnya kita awal mau bikin paket dengan obat namun terkadang jenis obat untuk setiap pasien berbeda karena keluhannya pun juga berbeda. Namun jika di rinci tidak terlalu mahal kurang lebih 2, 5 juta itu sudah sama obat selama 10 hari,” imbuhnya.

Sementara itu pasien tak perlu khawatir untuk.dokter yang akan mengawasi karena setiap dokter spesialis penyakit dalam yang menangani pasien covid 19 ini sudah terpilih dan telah menangani kasus sejak awal covid masuk ke Surabaya tahun lalu.[wah/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar