Pendidikan & Kesehatan

Pasien Covid-19 di Ponorogo Sembuh Setelah Swab 4 kali

Bupati Ipong Muchlissoni (dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Kabar gembira kembali datang dari RSUD dr. Harjono Ponorogo. Ya, kabar gembira tersebut tidak lain adalah kesembuhan pasien positif Covid-19. Jika 10 hari lalu yang sudah sembuh pasien positif nomor 4, kini yang sudah dinyatakan sembuh pasien positif nomor 3. Keduanya merupakan petugas haji asal Ponorogo yang mengikuti pelatihan haji di asrama haji Sukolilo Surabaya.

“Alhamdulillah ada yang sembuh lagi, yakni pasien positif nomor 3 atau warga dari kecamatan Ponorogo. Sehingga dari jumlah kumulatif pasien positif 9, kini 2 pasien sudah sembuh,” kata Ipong Muchlissoni, Selasa (28/4/2020).

Pasien yang baru dinyatakan sembuh ini sudah pulang dari isolasi rumah sakit pada Senin (27/4/2020) kemarin. Untuk dinyatakan sembuh, yang bersangkutan harus menjalani test Swab sebanyak 4 kali. Dengan rincian, test pertama dan kedua hasilnya positif, baru test Swab berikutnya Masing-masing hasilnya negatif.

“Jadi pasien positif satu dengan yang lainnya itu jumlah Swabnya berbeda-beda. Bisa berkali-kali hingga 2 test Swab terakhir hasilnya negatif semua,” katanya.

Ipong menceritakan bahwa pasien positif yang baru sembuh ini, istrinya juga positif Covid-19. Namun statusnya Orang Tanpa Gejala (OTG), karena tidak ada gejalanya jadi menjalani isolasi mandiri di rumah. Nah, untuk antisipasi supaya rentan tertular dari keduanya, isolasi mandirinya di rumah juga harus dipisah.

“Mereka sudah tahu kalau sementara isolasinya dipisah untuk menghindari penularan kembali. Saat ini mereka dipantau oleh pihak puskesmas kota,” pungkasnya. (end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar