Pendidikan & Kesehatan

Pasien Baru Positif Covid-19 Kota Malang Terjangkit di Jakarta

Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Seorang wanita lansia berusia 61 tahun warga Kota Malang dirawat di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) karena positif virus corona Covid-19. Dalam riwayat perjalanannya dugaan kuat dia terinfeksi Covid-19 di Jakarta.

Kepala Bagian Humas Pemkot Malang, Nur Widianto mengatakan, dua pekan lalu dia baru saja pulang dari Jakarta. Setibanya di Malang dia mengalami gejala-gejala yang menyerupai Covid-19. Apalagi pasien ini tidak memiliki riwayat dengan pasien positif pertama seorang mahasiswa. Sehingga dugaan kuat dia terjangkit di Jakarta.

“Pulang perjalanan dari Jakarta menunjukkan gejala-gejala klinis Covid-19. Hasil uji lab keluar pada 25 Maret 2020, kemarin, dinyatakan pasien tersebut positif terinfeksi COVID-19,” kata Widianto, Kamis, (26/3/2020).

Sesuai protokol Satgas COVID-19 Pemkot Malang, setelah mendapat data pasien positif baru. Tim bergerak melakukan kontak tracing setelah melihat riwayat perjalanannya. Orang-orang terdekat pasien diperiksa untuk mendeteksi gejala serupa di tubuh masing-masing.

“Saat dirujuk ke RSSA otomatis langsung dilakukan tracing oleh tim medis. yang ditracking oleh tim medis otomatis orang terdekat seperti keluarganya,” tandas Widianto.

Widianto mengungkapkan, sampai saat ini Pemkot Malang terus melakukan penyemprotan disinfektan secara masih di area-area publik dan beberapa perkampungan di wilayahnya. Sejauh ini, merujuk pada data 25 Maret 2020, orang dalam pantauan (ODP) di Kota Malang tercatat sebanyak 119 orang, dan 6 pasien dalam pengawasan termasuk satu pasien positif COVID-19 ini. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar