Pendidikan & Kesehatan

Pasien 78 Bukan Warga Kabupaten Mojokerto, Jumlah Pasien Positif Jadi 83 Pasca Tambah 4 Pasien

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto

Mojokerto (beritajatim.com) – Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mojokerto kembali merilis ada tambahan empat pasien positif per tanggal 12 Juni 2020. Namun karena pasien positif 78 secara administrasi tidak ada dalam data kependudukan Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto sehingga jumlah total 83 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto mengatakan, jika mengacu data tanggal 11 Juni 2020 kemarin dengan adanya tambahan empat pasien positif jumlah total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Mojokerto pada Jumat (12/6/2020) hari ini menjadi 84 orang.

“Data pasien positif 78 yakni seorang perempuan berinisial S usia 59 tahun asal Kecamatan Gedeg yang dirawat di salah satu RS swasta di Kota Surabaya, setelah dilakukan pengecekan, ternyata secara administrasi pasien tidak ada dalam data kependudukan Kecamatan Gedeg,” ungkapnya.

Masih kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Mojokerto, data pasien positif 78 tersebut diperoleh dari Gugus Tugas Covid-19 Pemprov Jawa Timur. Sehingga pihaknya langsung berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Timur sehingga saat ini dilakukan pendataan ulang.

“Karena pasien positif 78 bukan warga Kabupaten Mojokerto sehingga pasien positif 79 dan 80 naik menjadi pasien positif 78 dan 79. Sementara hari ini, ada tambahan 4 pasien positif sehingga total menjadi 83 orang. 4 pasien positif tersebut berasal dari Kecamatan Jetis, Mojosari, Kutorejo dan Bangsal,” katanya.

Empat pasien positif tambahan per tanggal 12 Juni 2020 dengan rincian, pasien positif 80 yakni seorang perempuan, berinisial I usia 38 tahun asal Kecamatan Jetis. Pasien I tercatat sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG). Hasil rapid test yang dilakukan pasien I pada tanggal 8 Juni 2020 reaktif dan dilakukan uji swab.

Uji swab yang dilakukan di hari yang sama, hasilnya baru keluar hari ini bahwa pasien I positif Covid-19. Saat ini, pasien I melakukan isolasi mandiri di rumah. Pasien positif 81, yakni seorang laki-laki, berinisial AA, usia 63 tahun asal Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

Pasien AA ini tercatat sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan gejala TB Paru, demam, batuk dan pilek. Hasil rapid test dilakukan pada tanggal 8 Juni 2020 dengan hasil reaktif dan pasien AA menjalani uji swab di hari yang sama dan hasilnya baru keluar hari ini.

Pasien AA dinyatakan positif Covid-19 dan menjalani isolasi di RSUD Prof Dr Soekandar Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Pasien positif 82, adalah seorang laki-laki, berinisial AA usia 29 tahun Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto dan pasien AA tercatat sebagai OTG.

Hasil rapid test yang dilakukan pada tanggal 8 Juni 2020 reaktif dan dilakukan uji swab di hari yang sama yang hasilnya juga baru keluar hari ini. Bahwa pasien AA positif Covid-19 dan saat ini pasien melakukan isolasi mandiri di rumah. Pasien positif 83 adalah seorang laki-laki, berinisial SM.

Pasien AA berusia 55 tahun asal Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto tercatat sebagai PDP dengan gejala demam, batuk, pilek dan sesak nafas. Hasil rapid test yang dilakukan pada tanggal 8 Juni 2020 menunjukkan reaktif sehingga dilakukan uji swab di hari yang sama.

Hasil uji swab baru keluar hari ini, pasien SM positif Covid-19 dan menjalani isolasi di salah satu Rumah Sakit (RS) swasta di Kecamatan Sooko. Sehingga total pasien positif per tanggal 12 Juni 2020 ada 83 orang. Dengan rincian, 71 pasien masih dalam perawatan, tujuh pasien telah dinyatakan sembuh dan lima pasien meninggal dunia.[tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar