Pendidikan & Kesehatan

Pasca Warga Binaan Positif Covid-19, Lapas Porong Disemprot Disinfektan

Sidoarjo (beritajatim.com) – Setelah puluhan warga binaan pemasyarakatan (WBP) positif terkonfirmasi Covid-19, semua blok di Lapas Kelas 1 Surabaya di Desa Kebonagung Porong, dilakukan penyemprotan disinfektan, Rabu (2/9/2020).

Penyemprotan menggunakan dua unit mobil pemadam kebakaran yang didatangkan dari Pemkot Surabaya bersama beberapa petugas yang memakai baju hazmat.

Hero Sulistiyono selaku Kabid Pembinaan Lapas Kelas 1 Surabaya mengatakan kegiatan ini sebagai upaya mengantisipasi meluasnya terjangkitnya virus corona di kalangan warga binaan. Dua mobil damkar yang ada, kapasitas 3000 L menyemprot secara keliling di blok-blok yang dihuni ribuan warga binaan.

“Langkah ini diambil dalam upaya agar para warga binaan terhindar dari terjangkit virus corona. Selain penyemprotan, para warga binaan juga diberi masker dan vitamin setiap hari untuk meningkatkan daya imun dalam tubuhnya,” katanya.

Hero menjelaskan, di masa pandemi ini, Lapas Porong juga menerapkan physical distancing. “Meski hasilnya juga masih minim lantaran kapasitas sudah overload, juga ada penyediaan tempat cuci tangan di setiap titik,” jelasnya.

Sementara itu, menurut dr. Harjo, warga binaan yang positif Covid-19 ada 56 orang dengan perincian dua meninggal dan dua sembuh. Namun pada hari ini ada dua warga binaan yang positif Covid-19.

“Sehingga total warga binaan yang positif ada 54 orang yang sekarang ada di ruang kesehatan lapas. dan tiga dirawat di RSUD Sidoarjo dan tiga di RS Mitra Keluarga,” rinci dia.

Ia berharap, jangan ada lagi warga binaan yang positif Covid-19. Maka dari itu setiap hari warga binaan diberi vitamin dan masker untuk mengantisipasi Covid-19. (isa/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar