Pendidikan & Kesehatan

Pasca Pencopotan Direktur, RSUD Kanjuruhan Disiapkan Jadi RS Pendidikan

Malang (beritajatim.com) – Direktur RSUD Kanjuruhan, Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Abdurrachnan, dicopot dari jabatannya karena tersangkut dugaan kasus korupsi dana kapitasi Puskesmas sewaktu menjabat Kadinkes.

Posisi Abdurrachman kini digantikan Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo sebagai pelaksana tugas. Untuk memperbaiki citra rumah sakit serta mempercepat pengembangan RSUD Kanjuruhan menjadi lebih baik lagi, tim visitasi dari Kementerian Kesehatan, Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia (ARSPI), Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) mendatangi RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang, Rabu (29/1/2020) pagi.

Kedatangan mereka guna meninjau langsung kesiapan RSUD Kanjuruhan yang tengah berupaya sekuat tenaga mendapatkan predikat rumah sakit pendidikan.

Bupati Malang, HM. Sanusi mengatakan, untuk menuju predikat rumah sakit pendidikan, memang ada syarat-syarat yang harus dipenuhi RSUD Kanjuruhan.

“Pemerintah Kabupaten Malang akan siap meningkatkan sarana prasarana maupun SDM, sehingga standar sesuai regulasi yang ada dapat terpenuhi. Dengan menjadi rumah sakit pendidikan, saya optimis nantinya kualitas pelayanan RSUD Kanjuruhan akan makin meningkat dan inovatif, serta menjadi pilihan utama masyarakat Kabupaten Malang di bidang pelayanan kesehatan,” ujar Sanusi.

Sanusi menjelaskan, guna mewujudkan RSUD Kanjuruhan sebagai rumah sakit pendidikan, dibutuhkan kerjasama semua stakeholder. “Upaya tersebut pastinya membutuhkan peran aktif dan kerjasama yang baik, mulai dari internal RSUD Kanjuruhan, maupun segenap stakeholder bidang kesehatan,” tegas Sanusi di hadapan tim visitasi.

Masih kata Sanusi, Pemerintah Kabupaten Malang selalu berkomitmen untuk mendukung kemajuan di bidang kesehatan. “Dalam mewujudkan komitmen tersebut, berbagai langkah strategis telah dilaksanakan. Beberapa di antaranya mampu mengukir prestasi positif. Meskipun demikian, upaya pengembangan untuk mendorong capaian kinerja di bidang kesehatan akan terus dipacu,” kata Sanusi mengakhiri. [yog/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar