Pendidikan & Kesehatan

Pasar Karangdinoyo Kabupaten Kediri Terapkan Protokol Kesehatan

Kediri (beritajatim.com) – Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, tetapi aktivitas jual-beli di pasar tradisional di Kabupaten Kediri tidak pernah sepi. Seperti yang terjadi di Pasar Karangdinoyo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri.

Namun, di masa wabah corona ini, penting bagi pedagang dan masyarakat yang hendak berbelanja untuk menerapkan protokol kesehatan. Tujuannya tak lain, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kesadaran itu mulai terlihat. Hadi, salah satu pedagang mengaku, masyarakat cukup sadar akan pentingnya protokol kesehatan. Sejumlah pedagang juga telah menyediakan tempat mencuci tangan dan handsanitizer.

Hanya saja, menurut Hadi, ia masih melihat beberapa orang abai karena tidak mengenakan masker atau tidak mengenakan masker dengan benar. “Meski dalam status zona kuning, kami tetap berharap masyarakat sadar terkait hal tersebut,” ujar Hadi.

Sementara itu, Yanuar, salah seorang pengunjung mengaku, tak was-was datang ke pasar. Hal itu mengingat kesadaran terhadap protokol kesehatan cukup tinggi. “Semua sudah sadar untuk memakai masker. Terutama pedagangnya. Karena mereka yang menetap di sini dan berinteraksi langsung,” kata Yanuar yang tengah membeli kebutuhan pokok.

Sejak awal,engelola Pasar Karangdinoyo telah memasang banner imbauan untuk memakai masker di pintu masuk. Pengelola juga tidak segan menegur terhadap mereka yang melanggar. Sementara itu, pihak Satpol PP rutin melakukan pemantauan. Korps penegak peraturan daerah (perda) melakukan penegakan protokol kesehatan di pasar. [nm/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar