Pendidikan & Kesehatan

Pantauan Liburan Panjang, Banyak Orang Lupa Pakai Masker dan Jaga Jarak

Surabaya (beritajatim.com) – Angka kasus positif Covid-19 dalam sepekan terakhir mengalami trend penurunan, tetapi trend naik masih bisa terjadi. Pasalnya sepekan lalu merupakan libur panjang yang dilaporkan oleh dr Dewi Nur Aisyah dari Tim Pakar Satgas Covid melalui laporan aplikasi monitoring perubahan perilaku bahwa selama pekan liburan terdapat penurunan trend penegakan protokol kesehatan atau 3M.

“Pekan kemarin trend kasus positif memang menurun, tapi bukan karena semua kita jalan jalan karena kasus yang turun. Itu karena dari hasil perilaku 1-2 minggu sebelum hari libur panjang. Adanya libur panjang, bisa menyebabkan kenaikan kasus, bisa dilihat pada 10-14 hari setelah libur panjang baru bisa dilihat apakah ada kenaikan kasus,” ujar Dewi, Rabu (4/11/2020).

Dewi memaparkan bahwa melalui aplikasi monitoring perubahan perilaku pada 5 hari selama libur panjang, yakni terdapat 3.028.200 laporan dengan jumlah orang yang dipantau mencapai 1.026.138, jumlah titik pantau 173.079, 407 kabupaten/kota dan 34 provinsi.

Dari data tersebut terlihat telah terjadi kenaikan jumlah orang yang dipantau sebanyak 92.02 persen dari pada 5 hari yang sama pada pekan sebelumnya, yakni daru 534.404 menjadi 1.026.138. Ini menunjukkan bahwa berdasarkan laporan aplikasi monitoring perubahan perilaku terjadi peningkatan kerumunan yang signifikan selama libur panjang.

Dalam pantauan selama libur panjang itu juga terdapat laporan bahwa terjadi penurunan penerapan protokol kesehatan, seperti pemakaian masker dan jaga jarak.

“Ditemukan bahwa pada hari yang sama pada tiap pekannya, pemakaian masker menurun hingga 3 persen, sedangkan jaga jarak menurun hingga 5 persen. Ini bisa terjadi karena bertemu banyak orang sehingga abai dan signifikasi peningkatan kerumunan otomasi membuat orang susah jaga jarak,” ungkap Dewi.

Oleh karenanya, Dewi mengatakan bahwa pada dasarnya kesadaran untuk menerapkan protokol kesehatan sudah lumayan baik tetapi karena libur panjang banyak orang berkumpul disatu titik maka beberapa orang menjadi lupa dan abai. Untuk itu ia mengingatkan bahwa penting untuk mempersiapkan diri selama pandemi jika harus berpergian atau liburan.

“Ini tips untuk yang mau liburan atau berpergian selama pandemi, selalu kenakan masker, cek destinasi apakah ditempat tujuan menyediakan sarana dan siap penegakan protokol kesehatan, selalu berusaha jaga jarak, cuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas, membawa alat alat pribadi, dan sebisa mungkin di rumah saja,” pungkasnya. [adg/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar