Pendidikan & Kesehatan

Pantauan Diperketat, Sekitar Rumah Orang Tua Pasien Positif di Kabupaten Mojokerto Disemprot Disinfektan

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mojokerto, dr Langit Kresna Janitra

Mojokerto (beritajatim.com) – Meski pasien positif virus corona (Covid-19) asal Kabupaten Mojokerto tapi tinggal di Kabupaten Sidoarjo, namun Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mojokerto bergerak cepat melakukan langka antisipasi. Yakni melakukan pemantauan ketat dan penyemprotan disinfektan.

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mojokerto, dr Langit Kresna Janitra mengatakan, pasien merupakan warga Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto namun domisili di Sidoarjo. “Dia bersama suami dan anaknya kontrak di Sidoarjo, dia hanya ibu rumah tangga dan suaminya dokter,” ungkapnya, Selasa (14/4/2020).

Masih kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto ini, pasien awalnya berobat ke rumah sakit swasta di Kabupaten Sidoarjo pada tanggal 1 April lalu dan tanggal 4 April dirujuk ke RSUD Kabupaten Sidoarjo.

“Gejala awal panas, sempat dirawat RS swasta di Sidoarjo dan dirujuk ke RSUD Kabupaten Sidoarjo. Pernah kontak? Ini masih tracking (pelacakan) lagi, setelah dirujuk pasien di swab hasilnya keluar tanggal 13 April kemarin positif. Anak perempuannya, usia 2 tahun juga sempat mengalami gejala yang sama tapi hasilnya negatif, begitu juga suaminya,” katanya.

dr Langit menambahkan, dari hasil tracking diketahui jika suami pasien pernah berkunjung ke rumah orang tuanya di Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto pada tanggal 22 Maret 2020 lalu. Namun suaminya hanya sendiri saat mengunjungi keluarganya di Kecamatan Kemlagi.

“Keluarga kembali masih tracking lagi, pasien tidak pulang ke Mojokerto tapi suaminya tanggal 22 Maret kemarin pulang. Kemungkinan (terpapar Covid-19) karena tinggal di Kabupaten Sidoarjo, domisili harian di sana sehingga terpaparnya di Sidoarjo. Di sana kan merah,” jelasnya.

Pasca terkonfirmasinya pasien positif Covid-19 warga Kabupaten Mojokerto yang tinggal di Sidoarjo tersebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mojokerto langsung berkoordinasi dengan Dinkes Kabupaten Sidoarjo. Selain itu, juga melakukan langka antisipasi yakni dengan melakukan tracking di sekitar rumah orang tua pasien.

“Kita akan melakukan pemantauan ketat di daerah tersebut (Kecamatan Kemlagi, red). Dan melalui UPT Puskesmas Kemlagi, kita akan melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar rumah orang tua pasien. Untuk pasien yang masih diisolasi di RSUD Prof dr Soekandar masih ada 3 pasien,” pungkasnya.[tin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar