Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Pansus Covid Nilai Jember Lebih Siap Hadapi Pandemi Gelombang Ketiga

Ahmad Halim (kiri) bersama Bupati Hendy Siswanto dan Wabup Firjaun Barlaman (tengah)

Jember (beritajatim.com) – Panitia Khusus Covid DPRD Jember, Jawa Timur menilai, pemerintah daerah setempat lebih siap menghadapi pandemi Covid-19 gelombang ketiga yang menempatkan varian Omicron sebagai varian utama.

“Kami akan mengevaluasi dan berkoordinasi dengan Satuan Tugas Covid untuk melakukan langkah terbaik. Misalkan berkoordinasi dengan stakeholder, polisi dan tentara kita harus akui berperan aktif dalam pencegahan maupun pengobatan Covid,” kata Ketua Pansus Covid Ahmad Halim, Jumat (11/2/2022).

“Insya Allah Kabupaten Jember lebih siap dan berpengalaman menghadapi gelombang-gelombang sebelumnya. Apalagi menurut catatan ilmiah, Omicron tak seganas varian Delta, asalkan kita tetap menataati protokol kesehatan dengan ketat,” kata Halim.

Halim meminta agar vaksinasi untuk orang lanjut usia dan anak-anak lebih digencarkan. “Ini karena Omicron berdasarkan datat statistik lebih banyak menyerang lansia dan anak-anak, karena vaksinasi belum maksimal. Vaksinasi kemarin lebih banyak ditargetkan pada usia produktif,” katanya.

Terpisah, Bupati Hendy Siswanto mengingatkan, angka konfirmasi Omicron meningkat terus. “Masker harus tetap dipakai. Protokol kesehatan wajib. Total (pada 9/2/2022) ada 257 kasus, yang separuh adalah warga Jember di luar (kota). Saat ini kita siap semua. Rumah sakit siap. Isolasi terpadu juga siap,” katanya.

Hendy menargetkan Jember bisa menembus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 pada akhir Februari 2022. “Syaratnya sederhana: cakupan vaksin lansia dosis kedua harus 60 persen. Kira-kira kurang 80 ribu orang lagi,” katanya.

Hendy meminta bantuan pengurus rukun tetangga dan rukun warga agar membawa warga lansia untuk vaksinasi ke puskesmas. “Kalau itu dilakukan selesai dalam waktu tiga hari, karena kami punya 18.600 RT-RW, kalau bawa dua orang setiap hari, dalam waktu tiga hari saja selesai,” katanya. [wir/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar