Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Panitia UTBK SBMPTN di Jember Sediakan Uji Antigen On The Spot

Wakil-Rektor-I-bidang-Akademik-Kemahasiswaan-dan-Alumni-UNEJ-Profs-Slamin

Jember (beritajatim.com) – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Jember, Kabupaten Jember, Jawa Timur, menyediakan uji antigen di lokasi ujian (on the spot).

Slamin, Wakil Rektor I, Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember, mengatakan, penyediaan uji antigen itu untuk mengantisipasi peserta ujian yang lupa membawa hasil swab antigen. Panitia melalui TTDKBC (Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Covid) dan Unej Medical Center menyiapkan swab antigen on the spot jika memang diperlukan,” katanya, sebagaimana dilansir Humas Unej, Sabtu (14/5/2022).

Ujian gelombang I akan diadakan pada 17-23 Mei 2022. Ujian gelombang kedua digelar pada 28 Mei-2 Juni 2022. Dalam setiap sesi UTBK SBMPTN akan ada maksimal 615 peserta, sementara dalam satu hari pelaksanaan UTBK ada dua sesi, yakni sesi UTBK pagi dan siang.

Anggota TTDKBC Universitas Jember akan memeriksa kelengkapan berkas kesehatan yang dibawa peserta, seperti sertifikat atau surat keterangan telah menerima vaksin booster. Khusus bagi peserta UTBK SBMPTN yang baru menerima vaksin Covid kedua, maka wajib membawa hasil negatif tes swab antigen. Senentara bagi peserta yang baru menerima vaksin Covid pertama atau belum pernah divaksin wajib membawa hasil negatif tes PCR.

Sebelum menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan mencuci tangan, panitia akan mengarahkan peserta ke ruang transit. Baru kemudian mereka akan dipersilakan memasuki ruang ujian di lokasi UTBK. Panitia lantas memeriksa kelengkapan administrasi seperti kartu peserta UTBK, identitas diri, surat keterangan lulus atau surat duduk di kelas XII bagi peserta lulusan tahun 2022 dan legalisir ijazah bagi peserta lulusan tahun 2021 dan 2020.

Slamin berharap semua peserta UTBK SBMPTN sudah mempersiapkan diri dengan baik dan datang sejam lebih awal dari jadwal ujian. Tahun lalu, masih ada peserta yang lupa membawa persyaratan yang sudah ditetapkan, bahkan ada yang tidak memakai sepatu. “Dengan demikian masih ada waktu mempersiapkan diri jika ada berkas yang lupa dibawa atau belum membawa hasil swab antigen,” katanya.

Universitas Jember sebagai Pusat UTBK mempersiapkan 754 pengawas dan 344 penanggung jawab lokasi UTBK yang akan bertugas di 25 ruang yang tersebar di 14 lokasi. Mereka akan mengawasi 13.826 peserta yang terdiri dari 6.937 peserta kategori ujian Saintek, 5.963 peserta kategori ujian Soshum, serta 926 peserta kategori ujian Campuran. [wir/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar