Pendidikan & Kesehatan

Panen Hidroponik, Tim Pengabdian Masyarakat FKK Unusa Akan Kembangkan Lebih Besar ke Masyarakat

Surabaya (beritajatim.com) – Berekspreimen dan berbuah hasil panen yang cukup apik, Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) memanen sayuran hasil tanaman hidroponik di Kampus A Unusa Surabaya.

Salah satu tim Pengabdian Masyarakat FKK Unusa, Nurul Kamariyah, S.Kep., Ns., M.Kes menjelaskan hasil panen tanaman hidroponik ini setelah beberapa bulan memulai menyemai sayuran di media hidroponik. Langkah ini bermula dari sulitnya mendapatkan sayuran lantaran pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Jadi kami berempat terdiri dari Chilyatiz Zahroh, S.Kep., Ns., M.Kep., Siti Nurjanah, S.Kep., Ns., M.Kep., Umdatus Soleha, SST., M.Kes., dan saya mencoba membuat media tanam dengan hidroponik dengan menanam sayuran yang biasa dikonsumsi,” ucap Nurul, Rabu (24/6/2020).

Chilyatiz menjelaskan pemilihan bidang tanam hidroponik lantaran keterbatasan lahan yang ada di Kampus. “Jika menggunakan hidroponik ini dapat diletakkan di lahan yang memang tidak luas namun terkena sinar matahari jadi ini yang membuat kami melakukan penanaman ini,” katanya.

Nurul menjelaskan beberapa tanaman yang ditanam ini berupa sayuran yang kerap dikonsumsi seperti sawi, kangkung, selada dan bayam. Semua sayuran tersebut sangat cepat tumbuh serta sayuran ini mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. “Semua tanaman ini juga bermanfaat untuk ibu hamil, lansia serta anak-anak yang dapat memenuhi gizi yang dibutuhkan,” jelasnya.

Beberapa gizi yang dibutuhkan seperti zat besi, nutrisi serta zat fitokimia yang ada dibeberapa sayur yang memang dibutuhkan oleh ibu hamil serta janinnya. “Terlebih sayuran ini semua organik jadi lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi,” ucap Siti Nurjanah.

Dengan panen sayuran ini, Umdatus menjelaskan akan mengembangkan media penanaman lewat hidroponik. “Kedepannya akan kami ajarkan ke masyarakat untuk bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk memenuhi kebutuhan gizi ditengah pandemi seperti saat ini,” jelasnya. [way/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar