Pendidikan & Kesehatan

Pandemi, Pembelajaran SMA 1 Kencong Jember Lewat Radio

Bupati Hendy Siswanto (kedua dari kiri)

Jember (beritajatim.com) – SMA Negeri 1 Kencong di Kabupaten Jember, Jawa Timur, memanfaatkan radio komunitas Swara Smawon pada gelombang 92,5 FM untuk pembelajaran semasa pandemi.

“Kejutan hebat di sekolah ini: ada radio. Suka saya. Keren. Tepat sekali ada radio di situasi seperti ini. Pas banget. Usaha yang hebat. Saya berharap bisa (ditiru) sekolah yang lain,” kata Bupati Hendy Siswanto saat berkunjung ke SMAN 1 Kencong bersama Wakil Bupati Muhammad Balya Firjaun Barlaman, Selasa (8/6/2021).

Radio ini digunakan untuk menyebarluaskan bahan ajar kepada setidaknya 50 persen siswa yang mengikuti pembelajaran dari rumah masing-masing. Hendy meminta kepada para guru agar membuat ringkasan hal-hal penting yang hendak disampaikan. “Menurut saya, kalau lewat radio, cenderung ngantuk. Ada sisi berguraunya juga. Jadi pointer-pointernya yang diceritakan, bukan membaca buku yang panjang,” katanya.

Hendy juga meminta agar penyampaian pelajaran lewat radio tidak dilakukan terburu-buru agar siswa bisa menyimak. “Karena kalau cepat-cepat, anak-anak kita harus merekam lagi dan didengarkan lagi. Bisa disarankan, kalau anak-anak di rumah punya hand phone, bisa direkam untuk didengarkan lagi. Takut ketinggalan, karena tidak ada kesempatan untuk bertanya,” katanya.

Hendy menyarankan pembelajaran lewat radio tak terlalu lama. “Siaran Radio kalau tidak lucu kan tidak senang. Kalau tidak ada musik dan lagu, tidak senang,” katanya. Paling lama seperempat jam saat pagi hari dan membutuhkan kesabaran. [wir/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar